Hanya Tinggal Satu! Ini Dia 3 Jenis Harimau yang Pernah dan Masih Ada di Indonesia

Hanya Tinggal Satu! Ini Dia 3 Jenis Harimau yang Pernah dan Masih Ada di Indonesia

jenis harimau yang ada di Indonesia-Foto by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Harimau merupakan salah satu hewan karnivora tingkat atas, di Indonesia terdapat 3 jenis Harimau yang pernah dan masih hidup di hutan nasional Indonesia.

Dari ketiga jenis harimau tersebut saat ini tinggal 1 jenis saja yang masih hidup dan dilindungi dari kepunahan, sedangkan dua lagi telah lama dianggap punah akibat perburuan liar.

Walaupun begitu, baru-baru ini telah terdengar kabar kalau ada salah satu jenis harimau yang terindikasi masih hidup dan belum punah, yaitu harimau Jawa.

Harimau juga seringkali dihubungkan dengan nilai-nilai spritual dan juga kebudayaan warga setempat, sehingga harimau juga dikenal sebagai warisan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Mengenal Ciri Harimau Jawa yang Asli, Sering Dipanggil Si Mbah dan Sebutan Tablo

Nah, kira-kira apa saja 3 jenis harimau yang pernah dan masih hidup di Indonesia tersebut? Berikut rangkumannya untuk anda.

1. Harimau Jawa

Harimau Jawa, atau Panthera tigris sondaica, adalah salah satu spesies harimau yang menjadi simbol kebanggaan bagi Indonesia, khususnya di pulau Jawa

Hal ini dikarenakan harimau ini awalnya memiliki habitat di hutan-hutan yang ada di pulau Jawa.

Namun, sangat disayangkan harimau Jawa telah dinyatakan punah sekitar 40 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1980 yang lalu.

BACA JUGA:Sukabumi Jadi Habitat Terakhir Harimau Jawa di Jawa Barat? Atau Berhasil Selamat dari Kepunahan?

Harimau Jawa juga merupakan salah satu jenis harimau terkecil di spesiesnya, rata-rata panjang tubuh dari harimau Jawa dewasa berkisar 220 hingga 245 cm.

Walaupun sudah dinyatakan punah, baru-baru ini terdengar kabar bahwa harimau Jawa terindikasi telah ditemukan kembali dan masih hidup di hutan Jawa.

Para peneliti telah menemukan sehelai bulu yang memiliki DNA harimau Jawa, dan juga bekas cakarannya di hutan Sukabumi, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: