Hanya Tinggal Satu! Ini Dia 3 Jenis Harimau yang Pernah dan Masih Ada di Indonesia

Hanya Tinggal Satu! Ini Dia 3 Jenis Harimau yang Pernah dan Masih Ada di Indonesia

jenis harimau yang ada di Indonesia-Foto by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

2. Harimau Bali

Selain harimau Jawa yang merupakan spesies harimau kebanggaan masyarakat pulau Jawa, masyarakat pulau Bali juga dulunya memiliki spesies harimau kebanggaannya sendiri yang bernama harimau Bali atau Panthera tigris balica.

BACA JUGA:Peneliti Yakin Harimau Jawa Masih Ada dan Hidup di Pulau Jawa, Masyarakat Diminta Agar Bisa Hidup Berdampingan

Akibat perburuan besar-besaran dan juga pembukaan lahan secara masif untuk pembangunan membuat harimau Bali dinyatakan punah pada tahun 2008 yang lalu.

Selain karena kulitnya, perburuan harimau Bali ini juga seringkali dilakukan karena konfrontasi antara harimau dengan penduduk setempat.

Sama seperti kerabatnya harimau Jawa, harimau Bali juga merupakan sub spesies harimau yang terkecil, panjang tubuhnya rata-rata hanya mencapai 220 cm saja.

Harimau Bali juga seringkali dipanggil atau disebut dengan pangggilan sang mong oleh masyarakat Bali.

BACA JUGA:Inilah Bukti Kalau Harimau Jawa Masih Ada, Peniliti Sebut Masyarkat Harus Bisa Hidup Berdampingan

3. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera atau Panthera tigris sumatrae merupakan satu-satunya spesies harimau yang masih ada dan hidup di hutan konservasi nasional Indonesia.

Harimau ini telah masuk dalam status dilindungi oleh pemerintah Indonesia, dan hanya ada sekitar 400 ekor yang tersebar di berbagai balai konservasi, suaka margasatwa, ataupun hutan lindung di Indonesia.

Harimau Sumatera merupakan sub spesies harimau terbesar diantara kedua harimau sebelumnya yang ada di Indonesia. Panjang tubuhnya bisa sampai 260 cm dengan tinggi nya mencapai 60 cm.

Itulah tadi 3 jenis harimau yang pernah hidup dan juga masih hidup di Indonesia. Kepunahan harimau Jawa dan juga harimau Bali merupakan luka terdalam bagi kita semua sebagai masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Terindikasi Ditemukan Kembali, Begini Ciri-Ciri Harimau Jawa yang Sudah Lama Dinyatakan Punah

Oleh karena itu, marilah kita sama-sama saling mengingatkan satu sama lain untuk menjaga keberlangsungan ekosistem seperti satwa endemik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: