7 Cara Efektif Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah, Yuk Gunakan Cara-Cara Berikut Ini

7 Cara Efektif Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah, Yuk Gunakan Cara-Cara Berikut Ini

cara efektif mencegah tikus masuk ke rumah-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Tikus adalah salah satu hewan pengerat serta dianggap hama yang kehadirannya kerap kali mengganggu aktivitas manusia.

Melansir situs resmi kementerian kesehatan tikus merupakan hewan kosmopolitan (menempati hampir di semua habitat), yang dapat ditemukan baik di lingkungan rumah, hutan, hingga lingkungan berair.

Kebutuhan yang sering didapatkan tikus di lingkungan rumah adalah sumber pakan, tempat bersarang, dan tempat berlindung.

Ada beberapa cara efektif mencegah tikus masuk ke dalam rumah, cara-cara ini bisa dicoba sendiri untuk dipraktekan di rumah.

BACA JUGA:Ampuh Cegah Tikus Masuk Rumah, Yuk Simak 6 Cara Pencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah

Berikut 7 Cara Efektif Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah

1.Membersihkan Tumpukan Sampah

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah adalah cara efektif untuk mencegah tikus masuk. Penelitian yang dilakukan oleh "Journal of Vector Ecology" menunjukkan bahwa tikus sering mencari sumber makanan di tumpukan sampah atau serasah di sekitar rumah.

Dengan membersihkan tumpukan sampah dan serasah secara teratur, kita dapat mengurangi daya tarik rumah sebagai tempat tinggal dan sumber makanan bagi tikus.

2.Menutup Celah dan Retakan

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "PLOS ONE" menunjukkan bahwa tikus sering masuk ke dalam rumah melalui celah-celah kecil di dinding, lantai, atau atap.

Oleh karena itu, menutup semua celah dan retakan dengan bahan yang kokoh seperti kawat jaring atau sealant merupakan langkah pertama yang efektif dalam mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Perbaikan struktural ini juga membantu mencegah masuknya hewan hama lainnya.

BACA JUGA:Jaga Dapurmu Tetap Bersih! Ini Alasan Tikus Bersarang Di Dapur Rumahmu, Simak Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: