Beginilah Alasan Kucing Suka Tanaman Cantip dan Ketahui Asal Usul Cantip, Menurut Peneliti Begini Katanya!

Beginilah Alasan Kucing Suka Tanaman Cantip dan Ketahui Asal Usul Cantip, Menurut Peneliti Begini Katanya!

Alasan kucing suka dengan tanaman cantip dan ketahui yu asal usul tanaman cantip, beginilah menurut peneliti yang telah terangkum.-kompas.com-radarkuningan.com

Pada saat minyak nepetalactone memasuki jaringan hidung kucing, maka yang terjadi minyak tersebut berikatan dengan protein yang menstimulasi neuron sensorik. 

BACA JUGA:Krisis Air, Warga Segel Akses Proyek Perumahan Grand Amelia

Sel-sel saraf tersebut, akan memicu respons pada neuron di bulbus olfaktorius otak, yang memproyeksikan ke beberapa wilayah otak dan termasuk amigdala (saraf yang memediasi respons emosional terhadap rangsangan).

Dan hipotalamus (kelenjar utama otak), diketahui berperan untuk mengatur segala sesuatu mulai dari rasa lapar hingga emosi. Hipotalamus, yang bekerja melalui kelenjar pituitari, mengubah kadar hormonal untuk memacu respons seksual. 

Dengan kata lain, kucing pada dasarnya merespons minyak seolah-olah feromon yang dikeluarkan oleh kucing lain. 

Tanaman Cantip Itu Apa?

Tanaman ini memiliki aroma yang harum dengan sebutan ilmiahnya Nepeta cataria yang tergolong kedalam keluarga mint, berasal dari Eropa, Afrika, Asia dan Amerika Utara. 

BACA JUGA:Jangan Asal Kasih! Ini 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Kucing, No. 2 Masih Sering Diberikan

Namun kini keberadaannya ada di Indonesia juga loh. Dilansir pada laman A-Z Animal yang menyatakan tanaman cantip memiliki 250 spesies di Dunia.

Memiliki bentuk fisik unik berupa daun seperti hati dengan tepi bergerigih, terdapat bunga berwarna biru, putih, merah mudah dan ungu, hanya mekar pada musim semi hingga gugur saja, serta keunikan lainnya mampu menjadikan kucing bersikap gila layaknya manusia kecanduan narkoba.

Dikutip pada laman Science.org yang menyatakan bahwa cantip serta tanaman silver vine atau actinidia polygama memiliki kandungan senyawa kimia seperti iridoid. 

Senyawa tersebut memiliki fungsi dalam melindungi tanaman dari kutu daun, dengan nama euforia yang menjadikan kucing menyukai tanaman tersebut.

BACA JUGA:Apakah Kucing Boleh Makan Sayur? Ini 6 Macam Sayuran yang Aman Dikonsumsi Kucing

Dan telah banyak yang mengungkapkan bahkan penelitaian, mengenai tingkah kucing berguling-guling tersebut menjadi sebab bahwa kucing terkena senyawa tersebut yang dimiliki dari cantip sehingga mengalami euforia.

Biasanya kucing akan menggosokan tubuhnya atau kepalanya ke tanaman cantip ini untuk mendapatkan kesenangan, dan hal tersebut sering dilakukan jika kucing bertemu dengan cantip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: