Mengapa Gunung Ciremai Kuningan Bisa Didaki Padahal Gunung Aktif? Ternyata Ini Penjelasannya!

Mengapa Gunung Ciremai Kuningan Bisa Didaki Padahal Gunung Aktif? Ternyata Ini Penjelasannya!

Mengapa Gunung Ciremai Kuningan Bisa Didaki Padahal Gunung Aktif? Ini penjelasannya!-Pixabay : FOTO HANYA ILUSTRASI-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia, lebih tepatnya di Provinsi Jawa Barat. 

Meski Gunung Ciremai merupakan gunung berapi aktif, namun gunung ini tetap bisa didaki. Dibuktikan gunung berapi aktif ini setiap tahunnya selalu memiliki jumlah pengunjung yang masif. 

Pernahkah kamu berpikir mengapa Gunung Ciremai Kuningan bisa didaki padahal Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung aktif? 

Jika iya, maka berikut ini adalah pembahasan dan penjelasan mengenai pertanyaan mengapa Gunung Ciremai Kuningan bisa didaki padahal menjadi salah satu gunung aktif.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Ciremai Yang Bisa Kamu Lewati Jika Kamu Baru Mendaki Gunung

Penjelasan mengenai gunung aktif dan gunung tidak aktif, sebenarnya lebih mudah dari yang orang lain pikirkan. Caranya juga cukup sederhana. 

Melansir sebuah penjelasan dari halaman resmi "Phys.co", cara membedakan gunung berapi aktif dan tidak aktif, dilihat berdasarkan frekuensi letusan gunung. 

Apabila frekuensi letusan gunung berapi meletus secara teratur, maka gunung tersebut bisa dikategorikan sebagai gunung aktif. Sedangkan yang pernah meletus pada masa lalu tapi sekarang tenang, disebut tidak aktif. 

Meski semuanya sangat bergantung kepada masalah waktu, namun aktivitas lahar pastinya selalu dipantau oleh para ahli. 

Termasuk Gunung Ciremai Kuningan. Meski Gunung Ciremai Kuningan ini dikategorikan aktif, akan tetapi karena intensitas letusannya sangat jarang, maka untuk sekarang masuk dalam kategori tidak aktif.

BACA JUGA:Pengumuman! Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Selama 1 Bulan, Dibuka Kembali 11 April, Ada Apa?

Itulah alasan singkat mengapa Gunung Ciremai Kuningan bisa didaki. Sebenarnya se-simpel kamu melihat intensitas dan frekuensi letusan yang dihasilkan. 

Jadi, aman-aman saja apabila kamu ingin mendaki Gunung Ciremai. Karena sekarang tengah tidak aktif, dan para ahli belum memberikan pengumuman terkini tentang aktivitas Gunung Ciremai ini.

Untuk bisa menentukan kriteria gunung dapat didaki, sebenarnya tidak hanya berfokus kepada aktivitas lahar saja. Namun, jalur pendakian juga dipertimbangkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: