TERUNGKAP! Ternyata Bukan CAS, Kasus Maarten Paes Masih Berkutat di FIFA: Ngapain ke Sana Dulu Gitu

TERUNGKAP! Ternyata Bukan CAS, Kasus Maarten Paes Masih Berkutat di FIFA: Ngapain ke Sana Dulu Gitu

Kasus Maarten Paes masih diupayakan PSSI di FIFA sebelum ke CAS. Hal itu disampaikan Exco PSSI, Arya Sinulingga. -Arya Sinulingga - tangkapan layar Instagram-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kasus Maarten Paes ternyata belum masuk di CAS, karena PSSI masih mengupayakan banding atas keputusan FIFA.

Pasalnya, Federation Internationale de Football Association (FIFA), menolak proses perpindahan federasi Maarten Vincent Paes dari Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) ke Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). 

Imbasnya, Maarten Paes tidak eligible untuk membela Tim Nasional Indonesia. Penjaga gawang FC Dallas itu, terancam tidak bisa tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut Exco PSSI, Arya Mahendra Sinulingga, penolakan FIFA atas perpindahan federasi Maarten Paes dilandasi Statuta 2022 Pasal 9 Ayat 2 B bagian iii.

BACA JUGA:Ternyata Ole Romeny Sudah Lama Dihubungi Erick Thohir, Jawabannya Tidak Terduga, Oh Ternyata

Pada ketentuan itu, disebutkan bahwa pemain dapat pindah federasi bila belum pernah membela tim nasional u-21 pada usia di atas 21 tahun. 

Kasus yang terjadi pada Maarten Paes, penjaga gawang itu, membela Timnas Belanda U-21 pada usia 22 tahun tepatnya pada 10 November 2020.

Oleh karena itu, meski Maarten Paes sudah menjadi Warga Negara Indonesia, namun belum bisa menggunakan seragam Timnas Indonesia dengan lambang Garuda di dadanya.

Terkait ini, Arya Sinulingga meminta masyarakat mempercayakan prosesnya kepada PSSI yang sedang bekerja.

BACA JUGA:Warga Gunung Manik Kuningan Ronda setelah Kemunculan Macan Tutul, Sudah 2 Kali

Sebab, PSSI sudah mengirimkan tim legal ke FIFA untuk melakukan konsultasi dan banding atas Statuta FIFA 2022.

"Kami lagi berusaha terus nih. Soal di CAS di mana, pasti kami ada proses. Di FIFA ada proses," kata Arya Sinulingga, dikutip dari CNN, Rabu, 10, Juli 2024.

Menurut dia, dari proses yang dilakukan tentunya ada tahapan. Upaya di FIFA sedang berjalan, sebelum nantinya dibawa ke Court Arbitration of Sport (CAS). 

Adapun tahapan di FIFA juga berjenjang. Ketika sebuah upaya gagal, ada rentang waktu untuk kembali mengajukan. Itulah yang sedang berjalan sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: