Pernah Beri Shin Tae-yong Kartu Merah, Wasit Kontroversial ini Terpilih jadi Pemimpin Final Euro 2024: Waspada

Pernah Beri Shin Tae-yong Kartu Merah, Wasit Kontroversial ini Terpilih jadi Pemimpin Final Euro 2024: Waspada

Shin Tae-yong (Atas) dan Francois Letexier wasit final Euro 2024 (bawah).-Kolase Gambar -radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Wasit kontroversi yang pernah memberi kartu merah kepada pelatih tim nasional sepakbola Indonesia Shin Tae-yong ini malah terpilih jadi pemimpin di final Euro 2024.

Francois Letexier, wasit asal Prancis yang pernah dinilai rugikan Timnas Indonesia atas keputusan kontroversial nya sewaktu Indonesia melakoni laga playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea

Wasit yang pernah membuat STY marah besar ini malah ditunjuk oleh UEFA sebagai pemimpin di partai final penyelenggaraan Piala Eropa 2024 antara Inggris VS Spanyol. 

Netizen Indonesia juga sempat menyoroti putusan federasi sepakbola Eropa, terkait pemilihan wasit bermasalah ini, bahkan netizen Indonesia juga sampai menyuarakan agar tetap waspada.

BACA JUGA:Anti Membosankan! Ini 3 Hal Yang Bisa Dilakukan Di Taman Nasional Gunung Ciremai, Apa Saja?

Sedikit kilas balik sewaktu Indonesia melawan Guinea di perhelatan playoff Olimpiade Paris 2024, Francois Letexier sebagai pemimpin laga benar-benar membuat keputusan yang kurang adil.

Sudah banyak keputusan kontroversial yang dibuat oleh wasit asal Prancis ini yang akhirnya berujung pada Indonesia yang dirugikan, bahkan wasit ini sampai dinilai enteng sekali mengeluarkan kartu.

Ya benar, wasit final Euro 2024 ini pernah rugikan pemain Indonesia sewaktu melawan Guinea. Dan yang paling parah, pelatih Shin Tae-yong sampai diusir dengan kartu merah!

Pelatih asal Korea Selatan yang menukangi Timnas Indonesia juga sempat geram dan sangat kesal terhadap keputusan wasit Letexier. Bahkan STY juga tak ragu beri kecaman yang sangat keras.

BACA JUGA:Realistis, Shin Tae-Yong Targetkan Timnas Indonesia Incar Posisi 3 Di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Keputusan kontroversial dan merugikan Timnas Indonesia yang berasal dari Francois Letexier sebagai wasit adalah penalti yang diberikan atas pelanggaran yang dilakukan oleh Witan Sulaeman.

Atas keputusan penalti yang dianggap merugikan ini, Guinea dapat dengan mudah menceploskan bola ke gawang Ernando, dan akhirnya Indonesia kalah dalam laga playoff Olimpiade Paris 2024.

Selain itu ada keputusan terkait penalti kedua buat Guinea atas pelanggaran dari Alfeandra Dewangga yang lakukan tekel kepada pemain Guinea, padahal kejadian tekel itu terjadi di luar kotak penalti. 

Atas hasil keputusan yang kontroversial dari Francois Letexier, Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sangat geram dan tidak terima "Ini merupakan kesalahan dari wasit" ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: