Update Terbaru Daftar Sidang CAS Bulan September, Bagaimana Nama Maarten Paes, Sudah Terdaftar?

Update Terbaru Daftar Sidang CAS Bulan September, Bagaimana Nama Maarten Paes, Sudah Terdaftar?

Maarten Paes sewaktu di FC Dallas. -Instagram @maartenpaes-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Penjaga gawang naturalisasi ini sudah resmi punya kewarganegaraan Indonesia, Maarten Paes disumpah jadi WNI per tanggal 30 April 2024 silam.

Setelah jadi warga negara resmi, dalam konteks sepakbola harusnya kiper FC Dallas ini bisa untuk diturunkan membela klub baru sesuai status internasional dirinya sendiri.

Berhubung status internasional untuk perpindahan federasinya mengalami masalah yang cukup serius, makanya hingga kini palang pintu 26 tahun ini sangat sulit untuk bisa main di skuad Garuda

Masalah yang dimiliki pemain 26 tahun ini ada korelasi dengan jalur hukum yang terkait dengan aturan regulasi pemain, yang mengharuskannya untuk diselesaikan via CAS

BACA JUGA:Erick Thohir Ketemu Presiden FIFA, Publik Spill Maarten Paes dan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Mengapa mesti lewat Court of Arbitration for Sport? Karena lembaga independen satu ini bisa menyelesaikan perihal sengketa dan pelanggaran aturan, termasuk aturan regulasi pemain.

Pria kelahiran Nijmegen ini dianggap melanggar aturan dari FIFA, yang sumber utama dari aturannya adalah berasal dari Statuta FIFA pasal 9 ayat 2b butir III.

Jelasnya, aturan tersebut mengharuskan regulasi pemain yang ingin pindah federasi, harus dilakukan sebelum usia 22 tahun, jika tidak maka sang pemain dianggap telah menjadi warga negara asli.

Paes gagal pindah federasi sesuai dari aturan yang tertera, lantaran ada momen pandemi yang mengharuskan pertandingan Paes tertunda di Belanda U21 sampai dirinya berusia 22 tahun.

BACA JUGA:Kronologi Naturalisasi Maarten Paes yang Sampai Sekarang Masih Tertunda di CAS, Kualifikasi Piala Dunia?

Jadi, atas keterlambatan untuk pindah federasi usai tugas membela kelompok umur (Belanda U21) sudah tuntas. Maka nama Paes telah dianggap sudah mewakilkan negaranya.

Status naturalisasi pria 26 tahun ini untuk jadi WNI sebenarnya sudah rampung semua prosesnya di dalam negeri. Namun kejelasan dia untuk bermain bersama Timnas Indonesia, masih belum jelas.

Lantaran status dirinya yang masih mengambang ini, akhirnya muncul kabar bahwa di laga perdana round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Paes malah absen. Bagaimana nasibnya di CAS?

Untungnya, Court of Arbitration for Sport sudah merilis jadwal sidang resmi untuk bulan September yang telah diperbaharui, lantas apakah nama Maarten Paes itu terdaftar? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: