18 Agustus Jadi Hari Penentu Maarten Paes Bisa Membela Timnas Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

18 Agustus Jadi Hari Penentu Maarten Paes Bisa Membela Timnas Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

maarten paes-instagram tangkapan layar @maartenpaes-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- 18 Agustus jadi hari penentu Maarten Paes bisa membela timnas pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.

Maarten Paes salah satu kiper berbakat yang kini resmi menjadi WNI harus menunda mimpinya untuk segera bermain membela timnas Indonesia.

Pasalnya saat ini Maarten Paes masih terjanggal Statuta oleh FIFA dimana ia melanggar pasal terkait pepindahan klub dari Belanda ke Indonesia.

Mendengar hal ini PSSI pun tidak tinggal diam ia bersama timnya melakukan mediasi atau pelaporan terhadap CAS untuk menyelesaikan perkara ini.

BACA JUGA:CAS Bukan Solusi, FIFA Segera Umumkan Nasib Maarten Paes Agustus Mendatang

Namun sampai saat ini belum ada kabar terbaru dari pengadilan arbitrase atau CAS mengenai status sidang Maarten Paes.

Yunus Nusi, Sekjen PSSI, menyatakan bahwa sidang kasus Maarten Paes akan diadakan oleh FIFA, bukan CAS. Sidang dijadwalkan pada 15 Agustus 2024, dengan hasil diumumkan pada 18 Agustus 2024. Menurut pengamat sepak bola Ronny Pangemanan, kasus ini masih sepenuhnya di bawah wewenang FIFA.

Masalah hukum yang dihadapi Paes, kiper FC Dallas, muncul setelah FIFA menolak perpindahan federasinya dari KNVB ke PSSI, yang menghambat proses naturalisasinya meskipun ia sudah menjadi WNI.

PSSI berusaha menyelesaikan masalah ini dan sedang mempertimbangkan untuk membawa kasus ini ke CAS jika FIFA kembali menolak permohonan mereka.

BACA JUGA:Tidak Perlu ke CAS! FIFA Umumkan Nasib Maarten Paes Tanggal 18 Agustus Mendatang

PSSI telah membentuk tim hukum khusus untuk menangani kasus ini, berharap bahwa FIFA akan mengizinkan Paes bermain untuk tim nasional Indonesia.

Bung Ropan mengonfirmasi bahwa sidang FIFA akan berlangsung pada 15 Agustus, dengan hasil yang diumumkan tiga hari kemudian. Dia berharap agar FIFA menyelesaikan masalah ini tanpa perlu melibatkan CAS.

"Sidang di FIFA tanggal 15 Agustus dan hasil sidang akan diumumkan tanggal 18," ujarnya. Ia menambahkan, "Semoga FIFA bisa mengabulkan masalah (Maarten Paes) supaya nanti tidak berlanjut sampai ke CAS."

"Jika benar sudah diberi lampiran hijau, maka Maarten Paes bisa memperkuat skuad merah putih, dan mistar gawang semakin lebih aman" ucap Bung Ropan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: