Sidang FIFA 15 Agustus Jadi Penentu Maarten Paes Dapat Membela Timnas Indonesia Mendatang

Sidang FIFA 15 Agustus Jadi Penentu Maarten Paes Dapat Membela Timnas Indonesia Mendatang

maarten paes-instagram tangkapan layar @maartenpaes-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Sidang FIFA 15 Agustus jadi penentu Maarten Paes dapat membela timnas Indonesia Mendatang.

Maarten Paes salah satu kiper keturunan Belanda kini masih harus mengubur mimpinya untuk membela timnas Indonesia, pasalnya ia terganjal Statuta FIFA yang membuat ia masih belum diizinkan untuk bermain bersama skuad garuda.

Yunus Nusi, Sekretaris Jenderal PSSI, mengungkapkan bahwa sidang mengenai kasus Maarten Paes akan diselenggarakan oleh FIFA, bukan CAS.

Sidang tersebut dijadwalkan berlangsung pada 15 Agustus 2024, dengan pengumuman hasilnya pada 18 Agustus 2024. Ronny Pangemanan, seorang pengamat sepak bola, menyatakan bahwa kasus ini sepenuhnya berada dalam jurisdiksi FIFA.

BACA JUGA:Kode Halus Ole Romeny Ingin Naturalisasi, Foto Bareng Sama Ivar Jenner dan Jay Idzes, Kualifikasi Piala Dunia?

Masalah hukum yang dihadapi oleh Paes, kiper FC Dallas, timbul setelah FIFA menolak permohonan perpindahan federasinya dari KNVB ke PSSI.

Penolakan ini menghambat proses naturalisasinya meski ia telah menjadi WNI. PSSI tengah berupaya menyelesaikan permasalahan ini dan mempertimbangkan opsi untuk membawa kasus ini ke CAS jika FIFA kembali menolak permohonan mereka.

Untuk menangani kasus ini, PSSI telah membentuk tim hukum khusus, berharap FIFA akan memberikan izin bagi Paes untuk bergabung dengan tim nasional Indonesia.

Bung Ropan mengonfirmasi bahwa sidang FIFA dijadwalkan pada 15 Agustus, dengan hasil diumumkan tiga hari setelahnya. Ia berharap agar FIFA dapat menyelesaikan masalah ini tanpa perlu melibatkan CAS.

BACA JUGA:18 Agustus Jadi Hari Penentu Maarten Paes Bisa Membela Timnas Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Jadwal sidang yang diumumkan pak Sekjen bukan dari CAS, melainkan FIFA, memang dimulai pada 15 Agustus dan hasil pengumumannya pada 18 Agustus" ujar Bung Ropan 

"Memang sampai sekarang kita masih mengurus masalah (Maarten Paes) di FIFA, belum sampai ke CAS" 

Apabila Paes mendapatkan izin dari FIFA, ia akan dapat memperkuat tim nasional Indonesia, yang diharapkan dapat menambah kekuatan lini belakang.

Namun, Bung Ropan mencatat bahwa FIFA sebelumnya telah menolak permohonan perpindahan federasi Paes, sehingga PSSI berharap hasil sidang kali ini lebih menguntungkan Indonesia. Jika tidak, PSSI siap untuk mengajukan banding ke CAS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: