Kata Gubernur Ridwan Kamil: 2023 dan 2024 Tahun Ngaspal Jalan, Kelar Bulan Juli

Kata Gubernur Ridwan Kamil: 2023 dan 2024 Tahun Ngaspal Jalan, Kelar Bulan Juli

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau pengaspalan ruas jalan provinsi.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Beberapa ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Kuningan tak luput dari perhatian Pemprov Jawa Barat untuk diaspal ulang. Antara lain ruas Pakembangan-Linggarjati, Cirendang-Bundaran Cijoho, dan Bundaran Cijoho-Ancaran.
 
Selain pengaspalan ulang, perbaikan penambalan juga dilakukan di ruas jalan provinsi. Seperti Jalaksana-Ciawigebang, Ancaran-Luragung-Cibingbing. 
 
 
 
Kemudian ruas Pakembangan-Linggarjati dan Cirendang sampai Bundaran Cijpho sudah rampung pengaspalannya sebelum lebaran. Sedangkan Ancaran-Bundaran Cijoho masih dalam proses pengerjaan.
 
Hingga Selasa 16 Mei 2023, penghotmikan yang dimulai dari depan SPBU Ancaran sudah sampai dekat SMPN 4 Kuningan. Hampir setiap malam, rekanan mengerjakan penghotmikan sepanjang ruas jalan ini.
 
 
 
"Terima kasih kepada Pak Gubernur Ridwan Kamil yang sudah menganggarkan perbaikan ruas jalan Bundaran Cijoho-Ancaran. Sekarang sudah mulus meski belum seluruhnya rampung. Sejak dihotmik ulang, badan jalan terasa lebih lebar dan tidak lagi harus khawatir terjerembab lubang ketika melintas di ruas jalan ini," tutur Jaja, salah seorang warga Kuningan. 
 
Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat kebut program jalan mulus hingga tahun 2024. Melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) sebanyak 69 paket pengerjaan jalan akan diselesaikan hingga bulan juli 2023.
 
 
 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, memastikan tahun 2023 dan 2024 adalah tahun ngaspal jalan. 
 
"Warga Jawa Barat yang sudah banyak memberikan masukan terkait perbaikan pengaspalan jalan, alhamdulillah lelang-lelang proyek sudah sebagian beres dan akan diakselerasi. Setengah dari proyek perbaikan jalan akan segera dibereskan," katanya. 
 
Pengerjaan perbaikan jalan, Ridwan Kamil menuturkan, dikerjakan sebelum lebaran. Baik perbaikan jalan lama maupun pembangunan jalan baru, ataupun jembatan dan underpass untuk mengurai lalulintas.
 
 
 
45 proyek jalan provinsi lainnya, Akan dimulai awal Juni ini. Termasuk mengoordinasikan perbaikan dan pengerjaan jalan-jalan kabupaten dan kota yang menjadi kewenangan Bupati dan Walikota.
 
"Semoga Bapak Presiden Joko Widodo juga berkenan menerima aspirasi rakyat sesuai arahan bapak, untuk menambahi kekurangan anggaran infrastruktur jalan desa/kota/kab yang tentunya sangat dibutuhkan warga," katanya.
 
 
 
Walau tugas Gubernur tinggal 3 bulan lagi, Ridwan Kami tetap semangat berkhidmat untuk masyarakat Jawa Barat. "Sesuai komitmen, tahun ini 2023 tahun pengaspalan jalan dan tahun depan 2024 juga tahun pengaspalan jalan. Insya Allah akan dimaksimalkan hingga tahun 2024 kita kerjakan," kata Ridwan Kamil. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, dari 2.362,13 kilometer jalan dan 1.295 jembatan kewenangan provinsi, Dinas BMPR Jabar mengidentifikasi dari 297 ruas jalan sebanyak 114 ruas jalan digunakan sebagai jalur alternatif mudik lebaran dan jalur wisata di Provinsi Jawa Barat. 
 
 
 
Sebanyak 69 paket pekerjaan perbaikan jalan yang sudah berkontrak untuk menangani 354,6 kilometer jalan.
 
“Dari pengerjaan perbaikan jalan Provinsi Jawa Barat, 26 paket pengerjaan jalan sudah selesai dikerjakan. Sedangkan, 45 proyek jalan provinsi lainnya sedang dalam proses pengerjaan dan ditargetkan akan selesai pada bulan Juli 2023,” sebut dia. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: