Yamaha_detail

Capres 2024 dari PDIP, Pengamat Politik: Puan Pemersatu Partai, Ganjar Sosok Merakyat

Capres 2024 dari PDIP, Pengamat Politik: Puan Pemersatu Partai, Ganjar Sosok Merakyat

Ilustrasi. Capres dari PDIP Puan Maharani dan Ganjar--

JAKARTA, RADAR KUNINGAN - Sosok calon presiden (Capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memunculkan beberapa nama.

Namun menurut pengamat politik, sosok Puan Maharani menjadi nama yang pas untuk diusung menjadi Capres penerus Joko Widodo.

Dukungan sukarelawan kepada Puan Maharani sebagai Capres 2024 kabarnya terus menguat di berbagai daerah.

Pengamat politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyarankan, PDIP segera mengambil sikap agar suara kader partai tidak terpecah. 

BACA JUGA:Sosialisasi Literasi Keuangan, BNI Ajak Siswa Menabung

Dedi mengeklaim, munculnya deklarasi dukungan terhadap Puan Maharani menjadi presiden penerus Joko Widodo adalah sinyal jika orang nomor satu di Senayan itu konon disukai masyarakat dan diakui ketokohannya. 

"Puan Maharani semakin menunjukkan posisi ketokohannya di PDIP sebagai figur utama, ia tidak saja menjadi wajah baru Megawati, tetapi lebih kuat dari itu yakni sebagai Capres potensial PDIP," ujar Dedi dalam keterangan tertulisnya, Kamis 4 Agustus 2022.

Menurut Dedi, cucu Presiden RI pertama Soekarno itu menjadi magnet pemersatu di internal PDIP. Ketokohan Puan makin teruji seiring dengan munculnya dukungan pemilih di akar rumput. 

"Keputusan partai terkait capres juga akan sangat berpengaruh pada soliditas PDIP, dan Puan layak diprioritaskan, mengingat ia merupakan trah Megawati, dan posisinya saat ini pun strategis sebagai pimpinan partai," tegasnya. 

BACA JUGA:Ribuan Honorer Nakes Datangi Gedung Sate, Minta Diangkat ASN Tanpa Tes

Lebih lanjut, kata Dedi, PDIP membutuhkan figur yang tetap dapat merekatkan keutuhan partai berlogo kepala banteng itu di masa yang akan datang pasca Pilpres 2024.

Menurut Dedi, Puan adalah sosok perekat tersebut, karena mewarisi trah biologis dan ideologis dari Soekarno.

"Puan menjadi simbol persatuan PDIP di masa mendatang, elit di PDIP harus menyadari itu dan menurunkan ego untuk memunculkan nama lain, karena Puan sudah memiliki kepastian politik untuk terusung," katanya. 

Disisi lain, Media Survei Nasional (Median) baru merilis survei terbarunya terkait tokoh dengan elektabilitas tinggi untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Sumber: jpnn