Nyangkut di Puncak Pohon, Petugas Damkar Evakuasi Drone Seharga 25 Juta

Nyangkut di Puncak Pohon, Petugas Damkar Evakuasi Drone Seharga 25 Juta

Petugas Damkar Kuningan evakuasi drone yang nyangkut di puncak pohon setinggi 80 meteran. (istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Petugas UPT Damkar Kuningan berhasil mengevakuasi Drone berharga 25 juta dari atas sebuah pohon dengan ketinggian 80 meteran. Butuh dua jam lebih untuk menemukan Drone merek DJI Mavic 2 yang tersangkut di atas pohon Afrika di Buper Sidomba, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.
 
 
Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi mengatakan, Drone milik Rio Alfarizy, sswa SMA IT Al-Mutazam 2 Linggarjati itu hilang ketika diterbangkan pemiliknya di lokasi buper, Jumat 7 Oktober 2022. Sekitar pukul 11.00, sang pemilik datang ke kantor UPT Damkar melaporkan kejadian tersebut. 
 
Usai mendapat laporan, 3 anggota langsung ke TKP dari Regu 2 UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan menggunakan Unit RR dan membawa peralatan Rescue.
 
 
"Butuh waktu lama mencari Drone karena banyak pohon tinggi dan areanya luas. Apalagi Drone dalam kondisi mati atau loss signal karena kehabisan daya baterai. Hampir tiga jam tim kami melakukan pencarian," terang Khadafi, Jumat 7 Oktober 2022.
 
Setelah upaya pencarian yang memakan waktu berjam jam, akhirnya petugas Damkar menemukan Drone di puncak pohon Africa. Menggunakan tangga, petugas naik ke pohon setinggi 80 meteran.
 
"Kami menggunakan tangga tinggi untuk menjangkau ketinggian pohon. Selebihnya memanjat manual sampai titik Drone tersangkut. Alhamdulillah proses pencarian dan pengangkatan Drone berjalan lancar," kata Khadafi.
 
 
Sedangkan menurut keterangan Rio Alfarizy selaku pemilik Drone, dirinya beserta sekolahnya sedang melakukan kegiatan perkemahan dari hari Kamis.
 
Awalnya saat berada di kantin, dia bermain Drone di wilayah Buper Sidomba. Tidak lama Drone yang diterbangkannya loss signal dan kehilangan arah kemudian Drone tersangkut di atas pohon. Ketika dilakukan pencarian, Drone kehabisan baterai sehingga menyulitkan proses pencarian. 
 
 
Sekitar pukul 11.25 WIB,  dia melaporkan ke UPT. Damkar Kuningan untuk meminta bantuan mengambilkan Drone nya yang tersangkut di atas pohon. "Drone saya merek DJI Mavis 2 seharga Rp25 juta. Drone mengalami kerusakan di bagian kaki dan mati kehabisan baterai," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: