Pulihkan Psikis Korban Gempa Cianjur, BPBD Kuningan Kirim Tim Trauma Healing

Pulihkan Psikis Korban Gempa Cianjur, BPBD Kuningan Kirim Tim Trauma Healing

Tim trauma healing BPBD Kuningan sedang berada di tengah tengah warga Cianjur korban gempa. (istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Untuk membantu korban gempa di Cianjur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, kembali mengirimkan bantuan logistik hingga tim trauma healing ke korban gempa Cianjur. Tim yang dikirim sebanyak 26 orang untuk penguatan posko tanggap darurat selama satu pekan. 

"Tim ini untuk memberikan pendampingan psikososial bagi masyarakat terdampak bencana. Termasuk penguatan posko tanggap darurat bencana gempa bumi di Cianjur. 

BACA JUGA:Demi BBM Gratis, Sopir Angkutan Umum Rela Antre

Setidaknya ada 25 orang yang diterjunkan untuk penguatan posko tanggap darurat selama satu pekan ini," jelas Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, Kamis 8 Desember 2022. 

Menurut Indra Bayu, penyaluran bantuan bagi korban gempa Cianjur sudah dilakukan sebanyak empat kali. Sehingga ada 4 tim dari BPBD Kuningan yang telah berangkat ke lokasi bencana gempa Cianjur. Tm yang diberangkatkan akan bekerja sebagai relawan hingga satu pekan. Tim akan melakukan pendampingan psikososial pada penyintas terdampak bencana gempa bumi.

BACA JUGA:Dukung Tour de Linggarjati Sukses, Bupati Acep Keluarkan Surat Edaran

“Di lokasi, mereka (tim)) melakukan pendampingan psikososial ini kelompok lansia dan dewasa, remaja serta anak-anak. Ada 8 orang sebagai pendamping trauma healing psikososial yang kita terjunkan langsung ke Cianjur,” ujar Indra.

Selain itu, pihaknya membawa bantuan logistik berupa 5 terpal, 10 karton biskuit, 5 karton kental manis, dan 200 paket bingkisan untuk anak-anak.

"Tim juga dilengkapi dengan  storyteller dan operator drone yang kami bawa untuk membantu proses kegiatan di sana. Sampai hari ini, tercatat dari informasi yang kita terima ada 318 orang korban meninggal dunia dan 14 orang masih dinyatakan hilang,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: