Pasca Gempa, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan

Pasca Gempa, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan

Inilah kondisi rumah di Desa Cijemit, Kecamatan Ciniru, Kuningan yang dikabarkan mengalami kerusakan saat gempa terjadi Kamis pagi. --

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Gempa bumi tektonik dirasakan warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Kuningan, Kamis pagi 22 Desember 2022 pukul 04.18. Namun hingga beberapa jam pasca kejadian gempa, pihak BPBD Kuningan belum menerima laporan dari masyarakat adanya kerusakan. 

Bahkan di titik pusat gempa yang disebutkan BMKG berada di Kelurahan Citangtu, Kecamatan Kuningan, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan. Meski begitu, BPBD Kuningan terus melakukan pemantauan ke beberapa tempat termasuk Citangtu.
 
 
"Sampai sekarang tidak ada laporan yang masuk dari masyarakat terkait kerusakan akibat gempa. Memang ada rumah yang dilaporkan rusak yakni di Kecamatan Cipicung. Namun rumah itu sedang proses pembangunan melalui program Rutilahu," ujar Kepala BPBD Kuningan," Indra Bayu Permana, Kamis 22 Desember 2022.
 
Pria yang akrab panggil Ibe itu juga menjelaskan soal foto sebuah yang dikabarkan rusak akibat gempa. Sebenarnya, rumah tersebut terdampak longsor tembok penahan tebing (TPT) bantaran sungai Cipedak. Lokasi rumah berada di Desa Cijemit, Kecamat Ciniru, Kuningan.
 
 
Peristiwa itu terjadi tanggal 8 desember 2022. Penyebab rumah Wiro Kuswara rusak karena terkena longsoran TPT. Ditambah lagi kondisi rumah sudah lapuk.
 
"Kemudian intensitas hujan hari Rabu tanggal 21 Desember 2022 cukup tinggi, mengakibatkan retakan di rumah tersebut makin bertambah. Dan tadi pagi pasca gempa, tembok rumah ambruk," jelas Ibe.
 
 
Atas rekomendasi BPBD, sejak tanggal 8 Desember penghuni rumah atas nama Wiro Kuswara sudah dievakuasi sementara.
 
"Ya betul, pemilik rumah sudah pindah ke tempat yang aman. Kami yang melakukan evakuasinya," sebut Ibe. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: