TERHARU. Kini Keluarga Hasan Punya WC, Disumbang PP Ranting Bandorasa Wetan

TERHARU. Kini Keluarga Hasan Punya WC, Disumbang  PP Ranting Bandorasa Wetan

PP Ranting Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, Kuningan membangun WC untuk keluarga Hasan yang diketahui warga tidak mampu. (Muhammad Taufik)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN - Aksi nyata ditunjukkan sekelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan Pemuda Pancasila (PP) Ranting Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, Kuningan dengan menggelar kegiatan sosial kemasyarakatan. Yakni membangun WC sehat untuk keluarga kurang mampu, Jumat 3 Februari 2023.

Bantuan WC sehat tersebut diberikan kepada keluarga Hasan (70) di Dusun Pon RT 09/3. Selamang ini Hasan dan keluarganya masih melakukan buang hajat ke sungai dekat rumahnya lantaran tidak memiliki WC. Bantuan pembangunan WC sehat ini pun dikerjakan secara swadaya para pemuda pengurus PP Ranting Bandorasa Wetan dibantu dari pengurus PP ranting se wilayah Cilimus.
 

"Kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian kami atas kondisi keluarga Pak Hasan yang hingga saat ini masih buang hajat ke sungai. Mudah-mudahan, dengan bantuan dari kami ini bisa sedikit meringankan beban keluarga Pak Hasan dalam hal pemenuhan kebutuhan hidup bersih dan sehat," ujar Andi selaku korlap kegiatan sosial PP Ranting Bandorasa Wetan kepada radarkuningan.com.

Kegiatan sosial pembangunan WC sehat tersebut dilakukan secara swadaya seluruh pengurus PP yang berjumlah sekitar 25 orang. Mereka bergotong royong membangun WC tersebut sesuai dengan keahliannya masing-masing.
 
BACA JUGA:4 Modus Operandi Pelaku Pencabulan, Nomor 4 Berdalih Pengobatan

Pembuatan WC ini dilakukan secara gotong royong seluruh anggota tanpa melibatkan tukang. "Ada yang membantu mengaduk semen, bagian pemasangan hingga konsumsi semuanya dari kami. Bahkan untuk pembelian material seperti pasir, semen dan lainnya menggunakan uang kas organisasi," ungkap Andi, Jumat 3 Februari 2023.

Tak hanya membangun WC sehat, para pemuda ini juga melakukan sejumlah pembenahan dan pengecatan rumah Hasan sehingga terlihat lebih bersih dan rapi. "Mudah-mudahan dari aksi kami ini membuat Pak Hasan dan anaknya bisa lebih betah dan nyaman tinggal di rumah," ujarnya.
 
BACA JUGA:Deal, Tiga Partai Sepakat Usung Anies di Pilpres 2024

Ketua PAC PP Cilimus Ade Kurniawan mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan sosial yang dilakukan para pengurus PP Ranting Bandorasa Wetan tersebut. Ade pun berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh positif untuk bisa diikuti oleh pengurus PP ranting lain khususnya di wilayah Cilimus.

"Alhamdulillah, kegiatan ini sangat baik sebagai bentuk kepedulian pengurus kepada warga yang sedang kesulitan. Ini perlu ditiru oleh pengurus lain, karena kita hidup di tengah masyarakat sehingga sepatutnya untuk saling membantu dan meringankan beban di antara sesama," ujar Ade yang turut hadir meninjau kegiatan sosial tersebut.
 
BACA JUGA:5 Kasus Rudapaksa yang Menggemparkan Kuningan, Korbannya Masih di Bawah Umur

Sementara Hasan menyampaikan terima kasih atas bantuan dari organisasi kepemudaan PP Ranting Bandorasa Wetan tersebut dalam hal pemenuhan kebutuhan sanitasi keluarganya. Hasan yang kini tinggal berdua bersama anak laki-lakinya tersebut belum sanggup untuk membangun WC yang layak karena keterbatasan ekonomi.

"Selama ini kami buang air besar ke sungai, kalau malam hari terpaksa numpang ke tetangga karena jalan ke sungai gelap, takut jatuh. Alhamdulillah, hari ini kami mendapat bantuan dari anak-anak muda PP. Terima kasih, semoga kebaikan ini mendapat balasan berlipat dari Allah SWT," ucap Hasan. (fik)
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: