Seratusan Warga Karangbaru, Kuningan Luruk Kantor Camat Ciwaru, Tuntut Kepala Desa Segera Mundur

Seratusan Warga Karangbaru, Kuningan Luruk Kantor Camat Ciwaru, Tuntut Kepala Desa Segera Mundur

Warga Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan meluruk kantor kecamatan menuntut kepala desanya segera diberhentikan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Seratusan lebih warga Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan meluruk kantor Kecamatan Ciwaru, Rabu 8 Maret 2023. Warga datang menggunakan puluhan kendaraan roda dan empat.

Tujuan warga sendiri yakni meminta agar kepala desanya segera mengundurkan diri karena sudah dipercayai lagi oleh masyarakatnya.

BACA JUGA:Siapkan Tenaga Kerja Terampil, Disnakertrans Kuningan Buka Pelatihan Menjahit Sepatu dan Tata Boga

Para pengunjuk rasa membentangkan spanduk tuntutan begitu sampai di kantor kecamatan. Petugas kepolisian dari Polsek Ciwaru sudah berada di lokasi untuk melakukan pengaman selama aksi berlangsung. Danramil Ciwaru juga nampak berada di lokasi.
 
Kedatangan ratusan warga yang unjuk rasa diterima Plt Camat Ciwaru, Nana Kusmana, Kapolsek Cidahu, Danramil dan juga unsur kecamatan. Warga diarahkan masuk ke dalam aula kantor kecamatan.
 
Pihak kecamatan juga berhasil menghadirkan Kepala Desa Karangbaru untuk bertemu langsung dengan warganya.
 
 
Menurut Plt Camat Ciwaru, Nana Kusmana, karena keterbatasan kapasitas aula, maka tidak semua warga berada di dalam. Sisanya menunggu di luar aula.
 
Pihak kepolisian juga sudah berada di kantor kecamatan untuk melakukan pengamanan.
 
"Kami menerima warga Karangbaru yang datang ke sini (kantor kecamatan). Tuntutan warga tetap sama yaitu meminta kepala desanya untuk mundur," terang Nana kepada radarkuningan.com.
 
 
Pihaknya juga menghadirkan Kepala Desa Karangbaru untuk memenuhi keinginan warga. Proses mediasi ini melibatkan BPD dan tokoh masyarakat setempat.
 
"Saat ini kepala desa menyampaikan laporan pertanggung jawaban atau LPJ. Pihak BPD, tokoh masyarakat Karangbaru juga hadir," ujar Nana, Rabu 8 Maret 2023.
 
 
Seperti diketahui, situasi politik di Desa Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan kembali memanas. Rencananya, ratusan warga setempat akan melakukan unjuk rasa hari ini, Rabu 8 Maret 2023. Sejak kemarin sore, atribut untuk melakukan aksi sudah disiapkan warga.
 
Warga tetap pada tuntutannya yakni meminta kepala desa untuk segera mundur dari jabatannya. Alasan warga, banyak kebijakan yang diterapkan kepala desanya dianggap menyalahi aturan. 
 
 
"Rabu pagi ini warga akan kembali berunjuk rasa menuntut kepala desa untuk segera mundur. Warga sudah tidak percaya lagi dengan kepemimpinannya," tegas Ketua Karang Taruna Desa Karangbaru, Hari Bagus, Rabu pagi 8 Maret 2023.
 
Ditambah lagi beberapa waktu lalu, dua oknum perangkat desanya yang kini sudah mengundurkan diri mencatut nama warga untuk kepentingan sendiri. Kemudian penyaluran BLT dari Dana Desa yang didiuga warga bermasalah.
 
 
Pihak BPD Karangbaru di bulan Februari lalu mengundang kepala desa untuk mengesahkan APBDes 2023. Meski seluruh anggota BPD sudah hadir di balai desa, namun kepala desa tidak datang.
 
"Saat BPD mengundang kepala desa berkaitan dengan pengesahan APBDes, pihak kepala desa tidak datang," tutur tokoh masyarakat Karangbaru, H Yusnandi.(Agus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: