Ini Dia 3 Kandidat Kepala Dinas Disdikbud Kuningan, Kokoh, Kuat dan Bertenaga

Ini Dia 3 Kandidat Kepala Dinas Disdikbud Kuningan, Kokoh, Kuat dan Bertenaga

Ini tiga kepala dinas yang disebut sebut berbagai kalangan calon kepala Disdikbud Kuningan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Isu rotasi di jajaran Eselon II Pemkab Kuningan makin menyeruak ke permukaan. Sejumlah pejabat yang memimpin satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dikabarkan akan berpindah posisi. 
 
Saat ini, ada jabatan kepala SKPD yang kosong karena pejabat sebelumnya pensiun dan meninggal dunia. Yakni Kepala Dinas PUTR dan Kepala BKPSDM.
 
H Ridwan yang memegang Kepala Dinas PUTR sudah purna bakti sejak 1 Januari 2023. Sedangkan Kepala BKPSDM, Dian Fenti Asmara meninggal dunia karena sakit.
 
 
Dari rumor yang beredar, Plt Kepala Dinas PUTR sepertinya akan didefinitifkan oleh Bupati Acep Purnama dalam rotasi nanti. Selain menjadi Plt, Usep juga menjabat Kepala Bappeda.
 
Jika Usep akhirnya ditetapkan sebagai Kadis PUTR, tentu saja posisi Kepala Bappeda akan kosong.
 
 
Sementara itu, ada juga infornasi yang menyebutkan bahwa tiga kepala SKPD layak menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud). Ini jika Bupati Acep Purnama memiliki rencana melakukan rotasi terhadap posisi Kadisdikbud yang sekarang, H Uca Somantri. Uca sendiri baru akan pensiun per 1 Maret 2025.
 
Berikut 3 pejabat Eselon II Pemkab Kuningan yang berpotensi menjadi Kepala Disdikbud. (Berdasarkan abjad)
 
 
1. Muhamad Mutofid
Saat ini, Muhamad Mutofid menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan. Sebelum promosi ke Eselon II, Mutofid pernah berkarir di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jabatannya yakni Sekretaris Dinas. Calon Doktor tersebut juga masih terbilang muda yakni kelahiran 1972. 
 
Mutofid melesat ke Eselon II setelah dua kali ikut open bidding. Saat berada di Eselon III, Mutofid sempat menjadi Kabid di Disdukcapil. Selepas dari Disdukcapil, Mutofid menduduki jabatan Kabid di Dinas Infornasi dan Komunikasi (Diskominfo). Barulah setelah itu dirotasi menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
 
 
2.. Toto Toharuddin
Sama seperti Uu, karir Toto Toharuddin sebagai PNS berasal dari lingkungan pendidikan. Toto promosi ke Eselon II lewat jalur open bidding atau lelang jabatan. Kini pria yang juga menjabat Ketua PUI Kuningan tersebut menduduki posisi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).
 
Karirnya cukup cemerlang ketika berada di level Eselon III. Jabatan di lingkungan Disdikbud pernah diembannya yakni Kepala Bidang PNFI atau sekarang berubah nama menjadi Bidang Dikmas dan PAUD. Di lingkungan Setda, Toto dipercaya menjadi Kabag Kesra kemudian Kabag Perekonomian sebelum akhirnya promosi. Toto kelahiran 1967 atau lebih tua 5 tahun dari Mutofid.
 
 
3. U Kusmana
Karir U Kusmana sebagai PNS, berawal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan. Uu, panggilan akrabnya pernah menjadi Kasubag Keuangan Disdik, dan juga Kabid Pendik Disdik. Sekarang Uu dipercaya menjabat sebagai Kepala Diskopdagperin. 
 
Sebelum promosi ke Eselon II, Uu pernah memegang jabatan strategis di lingkup Setda Kuningan. Yakni Kabag Umum, Kabag Ekonomi dan Kabag Barjas merangkap Plt Kabag Adiministrasi Pembangunan Setda Kuningan. Uu lahir di tahun 1970 atau lebih muda 3 tahun dari Toto Toharuddin. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: