Rumah Pegawai KUA Kramatmulya Kuningan Nyaris Ludes Terbakar, Untung Damkar Cepat Datang

Rumah Pegawai KUA Kramatmulya Kuningan Nyaris Ludes Terbakar, Untung Damkar Cepat Datang

Regu pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang melalap rumah warga Desa Kramatmulya, Kuningan Senin dinihari sekitar pukul 00..10. (istimewa)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Regu pemadam kebakaran dari UPT Damkar Kuningan, kembali turun ke lapangan.
 
Mereka bekerja keras untuk memadamkan api yang membakar rumah Esa Abduh, warga Dusun Puhun RT9 RW3, Desa dan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Senin dinihari 6 Maret 2023 sekitar pukul 01.10. 
 
Dalam waktu 30 menit, api yang membakar kamar milik pegawai KUA Kramatmulya tersebut berhasil dipadamkan.
 
 
Upaya pemadaman sendiri dilakukan petugas Damkar dibantu warga setempat. Cepatnya penangan membuat nyala api berhasil dipadamkan dan tidak merembet ke bagian lainnya.
 
Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi menerangkan kronologis kejadian kebakaran yang nyaris menghanguskan rumah Esa Abduh. Pemilik rumah adalah orang pertama yang kali pertama mencium aroma bau gosong dari arah dapur.
 
Awalnya, korban yang terbangun karena anaknya menangis tiba-tiba mencium bau gosong dari arah kamar belakang.
 
 
Curiga terjadi sesuatu di rumahnya, Esa lantas keluar kamar dan menuju ke dapur. Dia terkejut melihat kamar belakang sudah dipenuhi asap tebal dan terlihat bara api yang membakar kasur serta pelapon atap kamar bagian belakang.
 
"Selanjutnya saksi mencoba memadamkan api menggunakan gayung dari kamar mandi. Dia juga memerintahkan istrinya, Tuti Aprianti untuk membawa kedua anaknya keluar rumah sambil memberitahukan tetangga untuk meminta bantuan memadamkan api," papar Khadafi, Senin  6 Maret 2023.
 
 
Selang beberapa saat, warga berdatangan dan berusaha  memadamkan api dengan cara gotong royong dan menggunakan peralatan seadanya.
 
Lantaran nyala api semakin membesar, pada pukul 00.20, tetangga korban menghubungi kantor UPT Damkar Kuningan.
 
 
Setelah menerima laporan, Damkar mengirimkan 1 Randis Damkar dan 6 anggota  ke lokasi kebakaran. Usai berjuang selama 30 menit, api berhasil dipadamkan. Total kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp12,5 juta.
 
"Penyebab kebakaran diduga arus pendek listrik dan pecahan lampu mengenai kasur yang ada di kamar belakang. Bangunan dapat diselamatkan karena cepatnya laporan kejadian kebakaran," ungkap Khadafi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: