Perkuat Mental Spiritual, Dewan Syuro dan Bacaleg PKB Kuningan Akan Ziarah ke Makam Walisongo

Perkuat Mental Spiritual, Dewan Syuro dan Bacaleg PKB Kuningan Akan Ziarah ke Makam Walisongo

Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan, H Ujang Kosasih akan membawa Dewan Syuro dan Bacaleg berziarah ke makam Walisongo dan makam pendiri PKB, Gus Dur. (Istimewa)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Untuk meningkatkan mental dan spiritual bakal calon legislatif (Bacaleg)  menghadapi Pileg 2024, DPC PKB Kuningan menjadwalkan berziarah ke makam Walisongo.

Selain makam Walisongo, di hari terakhir peserta juga akan menziarahi makam pendiri PKB, Gus Dur. 

Dalam ziarah ini, Dewan Syuro PKB Kuningan juga akan mendampingi para Bacaleg yang berjumlah 60 orang.
 
 
Rencananya, ziarah tersebut akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 7 dan 8 Maret 2023. Saat ini, DPC PKB sedang mematangkan rencana ziarah tersebut.
 
Ketua DPC PKB Kuningan, H Ujang Kosasih membenarkan agenda ziarah yang akan diikuti Dewan Syuro dan seluruh bacaleg PKB.
 
Tujuan ziarah ini untuk memperkuat mental dan spiritual serta meningkatkan kekompakan silaturahmi antara Dewan Syuro, Bacaleg dan pengurus partai. 
 
 
"Kami sudah mengagendakan kegiatan ziarah ke makam Walisongo dan makam Gus Dur. Acara ziarah ini berlangsung selama dua hari, yang diakhiri berziarah ke makam Gus Dur. Dimulai dari makam Sunan Gunung Jati. Selain pengurus partai dan Bacaleg, kami juga mengajak Dewan Syuro," papar Ujang Kosasih, Sabtu 4 Maret 2023.
 
Terkait persiapan menghadapi Pileg 2024, Ujang mengatakan, bacaleg yang telah mendaftar ke partainya berasal dari berbagai elemen.
 
Bahkan bacaleg yang mendaftar melampaui target. Ada 60 bacaleg PKB yang siap di Pemilu.
 
 
"Alhamdulillah, bacaleg kita cukup beragam latar belakangnya. Di antaranya ketua salahsatu organisasi kepemudaan Kabupaten Kuningan. Dia nyaleg di PKB. Kemudian Ketua GP Anshor Kuningan, juga mendaftar. Itu representasi generasi muda," papar Ujang Kosasih. 
 
Selain itu, bacaleg semakin komplit dengan hadirnya mantan pejabat atau ASN di lingkungan pemerintah daerah. Tak ketinggalan Bacaleg dari kalangan perempuan yang memenuhi kuota.
 
 
Kesiapan Bacaleg ini didukung dengan  digelarnya Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 24-25 Februari 2023 lalu di Graha Ahmad Bagja Desa Pajawan Kidul Kecamatan Lebakwangi, Kuningan.
 
Para penguji yang dihadirkan terdiri dari Tim DPW PKB Jawa Barat, Akademisi dan Perguruan Tinggi Kuningan. Penguji dari internal PKB Kuningan, yang diwakili oleh para Kiai, Dewan Syuro. 
 
 
"Bahkan salahsatunya ada dari Suriah PCNU Kabupaten Kuningan. Materi UKK pasti beragam. Antara lain soal kedewanan, dan yang pasti terkait kesiapan bacaleg di Pemilu 2024," jelas Ujang.
 
Dari hasil UKK ini, dengan berbagai pertimbangan aspek-aspek lain dari penguji, akan dipersiapkan 50 bacaleg untuk mendaftar di KPU.
 
"Jika sekarang kita menempatkan kader 6 kursi di DPRD Kuningan, untuk 2024 minimal kita meraih target 9 kursi. Ya nambah 3 kursi minimal. Mudah-mudahan melihat kualitas, kesanggupan dan pengalaman yang disampaikan Bacaleg, Insya Allah target itu tercapai," pungkasnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: