Tentukan Nasib Kades, Kamis Siang Warga Karangbaru Kuningan Gelar Jajak Pendapat

Tentukan Nasib Kades, Kamis Siang Warga Karangbaru Kuningan Gelar Jajak Pendapat

Warga Karangbaru, Ciwaru, Kuningan berdiri dibawah spanduk spanduk bertuliskan tuntutan kepada kepala desanya, Rabu 8 Maret 2023. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Konflik antara warga dengan kepala desa  di Desa Karangabaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan, mulai menemukan titik terang.
 
Ini setelah seratusan warga setempat ngontrog kantor Camat Ciwaru, Rabu siang 8 Maret 2023 yang menuntut kepala desa untuk segera mengundurkan diri dari jabatannya.
 
 
Dalam audiensi yang difasilitasi unsur Muspika Kecamatan Ciwaru tersebut menghasilkan beberapa keputusan. Salah satunya yakni secepatnya menggelar musyawarah desa khusus atau musdesus.
 
Pada pertemuan itu disepakati pelaksanaan musdesus atau jajak pendapat dilaksanakan hari Kamis 9 Maret 2023 sekitar pukil 13.00.
 
Tokoh masyarakat Karangbaru yang ikut audiens, H Yusnandi membenarkan rencana pelaksanaan musdesus. Cara ini dianggap tepat guna memutuskan keinginan masyarakat.
 
 
Dimana sejak awal masyarakat Karangbaru sudah tidak percaya lagi kepada pemimpin di desanya 
 
"Dari beberapa keputusan yang dihasilkan dalam pertemuan itu, salah satunya yakni menggelar musdesus. Warga Karangbaru sudah setuju dengan usulan ini. Pelaksanaannya hari Kamis siang usai Dzuhur, bertempat di balai desa," terang Yusnandi, Rabu siang 8 Maret 2023.
 
 
Yusnandi juga menjelaskan siapa saja lembaga di desa yang akan diundang dalam musdesus nanti. Antara lain BPD, LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan masyarakat.
 
"Jumlah yang hadir dipastikan jauh lebih banyak dari yang ikut ke kantor kecamatan hari ini," sebut dia.
 
Dia bersama masyarakat Karangbaru lainnya merasa yakin hasil musdesus tetap sama dengan keinginan masyarakat Karangbaru saat ini. Yaitu kepala desa segera mengundurkan diri. 
 
 
"Musdesus ini juga mendapat pengawasan dari Muspika Kecamatan Ciwaru. Apapun hasil musdesus akan diserahkan ke pak camat, dan ditembuskan ke pak bupati. Semoga saja permasalahan di Karangbaru cepat selesai," ujar Yusnandi. 
 
Rabu pagi,. Seratusan lebih warga Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan meluruk kantor Kecamatan Ciwaru, Rabu 8 Maret 2023.
 
Warga datang menggunakan puluhan kendaraan roda dan empat. Tujuan warga sendiri yakni meminta agar kepala desanya segera mengundurkan diri. 
 
 
Para pengunjuk rasa membentangkan spanduk tuntutan begitu sampai di kantor kecamatan. Petugas kepolisian dari Polsek Ciwaru sudah berada di lokasi untuk melakukan pengaman selama aksi berlangsung.
 
Kedatangan ratusan warga yang unjuk rasa diterima Plt Camat Ciwaru, Nana Kusmana, Kapolsek Cidahu dan juga unsur kecamatan. Warga diarahkan masuk ke dalam aula kantor kecamatan.
 
Pihak kecamatan juga berhasil menghadirkan Kepala Desa Karangbaru untuk bertemu langsung dengan warganya.
 
 
Menurut Plt Camat Ciwaru, Nana Kusmana, karena keterbatasan kapasitas aula, maka tidak semua warga berada di dalam. Sisanya menunggu di luar aula. Pihak kepolisian juga sudah berada di kantor kecamatan untuk melakukan pengamanan.
 
"Kami menerima warga Karangbaru yang datang ke sini (kantor kecamatan). Tuntutan warga tetap sama yaitu meminta kepala desanya untuk mundur," terang Nana kepada radarkuningan.com.
 
 
Pihaknya juga menghadirkan Kepala Desa Karangbaru untuk memenuhi keinginan warga. Proses mediasi ini melibatkan BPD dan tokoh masyarakat setempat.
 
"Saat ini kepala desa menyampaikan laporan pertanggung jawaban atau LPJ. Pihak BPD, tokoh masyarakat Karangbaru juga hadir," ujar Nana, Rabu 8 Maret 2023.  (Agus)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: