Banjir Bandang Terjang Desa Jamberama, Kuningan, 12 Rumah Terendam Air Sungai

Banjir Bandang Terjang Desa Jamberama, Kuningan, 12 Rumah Terendam Air Sungai

Banjir bandang menerjang tiga RT di Dusun Cilimus, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Sabtu sore 25 Maret 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Banjir bandang menerjang tiga RT di Dusun Cilimus,
Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Sabtu sore 25 Maret 2023 sekitar pukul 15.48.
 
Dalam kejadian ini, puluhan rumah yang berada di RT02, 03 dan RT 04 di RW 01 terendam air sungai yang meluap. Tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir bandang tersebut.
 
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan sudah menerjunkan personelnya ke lokasi kejadian. Bersama masyarakat, aparat desa, kepolisian dan Koramil, berusaha membantu membersihkan material lumpur yang terbawa derasnya air sungai. 
 
Selain itu, lembaga yang dipimpin Indra Bayu Permana tersebut juga memberikan bantuan paket sembako melalui Camat Selajambe.
 
"Kami sudah berkoordinasi dengan pemdes setempat untuk melakukan penanganan kedaruratan. Insya Allah hari Minggu akan bergotong royong membersihkan rumah-rumah yang terendam," jelas Indra Bayu, Sabtu 25 Maret 2023.
 
 
Indra menceritakan kronologis banjir bandang yang menimpa warga Dusun Cilimus. Awalnya, hujan deras dengan intensitas sedang terjadi di wilayah tersebut selama beberapa jam yang dimulai pukul 13.00.
 
Hujan deras itu menyebabkan aliran sungai yang berada di tiga RT mendadak meluap dan airnya memasuki rumah warga.
 
Dalam sekejap, limpahan air sungai membanjiri 12 rumah. Warga berusaha menyelamatkan barang berharga miliknya. Untungnya, banjir bandang tak berlangsung lama.
 
 
Sekitar pukul 17.17, air sungai yang semula deras mulai surut. Warga sendiri kemudian kembali ke rumahnya.
 
"Sekitar pukul 17.17, air sungai surut. Warga berusaha membersihkan material lumpur yang masuk ke dalam rumah. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Aparat desa dibantu masyarakat membersihkan material lumpur yang masuk ke rumah warga," ujar Indra Bayu.
 
 
Untuk meringankan beban warga yang terkena musibah, BPBD Kuningan sementara memberikan bantuan 5 paket sembako melalui pak Camat Selajambe.
 
"Kami terus berkoordinsai dengan aparat desa Jamberama. Dan rencananya akan dilakukan pengerahan massa untuk pembersihan material banjir bandang hari Minggu, 26 Maret 2023," pungkas Indra. (Agus)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: