Mampu Jadi Jembatan Eksekutif dan Legislatif, Kinerja Sekda Dian Dipuji Pemimpin Gerindra Kuningan

Mampu Jadi Jembatan Eksekutif dan Legislatif, Kinerja Sekda Dian Dipuji Pemimpin Gerindra Kuningan

Kinerja Sekda Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar menuai pujian dari Ketua DPC Gerindra, H Dede Ismail.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Nama lengkapnya, Dian Rachmat Yanuar. Lelaki kelahiran tahun 1968 itu sudah empat tahun ini dipercaya oleh Bupati H Acep Purnama menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kuningan.
 
Putra mantan legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H Sukardi Kartapermata adalah sosok yang humoris, supel, cerdas dan bijak ketika mengambil keputusan. 
 
 
Tak heran jika karirnya di lingkungan Pemkab Kuningan pun melesat. Dari jabatan awal sebagai Kasubag Tata Laksana di Bagian Organisasi Setda Kuningan di tahun 2000 an, Dian sukses menapaki berbagai jabatan di pemerintahan.
 
Pernah menjadi Kabag Humas, Kabag Perlengkapan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial, Kepala Dispenda, dan juga Kepala Dinas Pendidikan.
 
Karir Dian begitu lengkap dan moncer. Sampai akhirnya di tahun 2018, Dian ditunjuk sebagai Sekda melalui proses open bidding. Dia berhasil mengalahkan puluhan pejabat lainnya yang lebih senior dalam proses lelang jabatan tersebut. Ini adalah tahun kelima Dian berada di pucuk pimpinan orang ketiga di Pemkab Kuningan. 
 
 
Dian Rachmat Yanuar juga pernah menjadi manajer Pesik Kuningan dimasa kepemimpinan almarhum bupati dua periode, H Aang Hamid Suganda. Di tangannya, Pesik meraih berbagai kesuksesan di Divisi II Liga Indonesia saat itu. Totalitas, loyalitas dan pekerja keras adalah gambaran dari sosok Dian Rachmat Yanuar.
 
Selain piawai membangun komunikasi dengan berbagai pihak, Dian juga merupakan anak yang sangat patuh terhadap nasihat orang tuanya.
 
Dia memegang betul prinsip guyub dalam keluarga besarnya. Itu semua berkat tempaan dan didikan nan lembut dari sang bapak, H Sukardi Kartapermata.
 
 
"Bapak tak pernah bosan mengingatkan anak-anaknya untuk saling mengayomi, melindungi dan menjauhkan hal yang akan memyebabkan pertikaian. Beliau selalu meminta kami, anak-anaknya untuk selalu guyub. Jangan saling bertikai. Alhamdulillah, anak bapak yang berjumlah 6 orang selalu mengingatkan pesan bapak," papar Dian.
 
Soal kinerja Sekda Dian, diakui oleh Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kuningan, H Dede Ismail. Deis, panggilan akrabnya, memuji kinerja yang ditunjukkan Dian selama bekerja sebagai Sekda Kabupaten Kuningan. Karena itu, pihaknya merasa puas atas dedikasi serta kinerja Sekda Dian.
 
 
"Untuk kinerja pak sekda, saya acungkan jempol. Beliau sangat kompeten dan piawai mengelola administrasi pemerintahan. Secara umum, saya puas dengan hasil kinerjanya," sebut Deis, Minggu 23 April 2023.
 
Hubungan eksekutif dan legislatif, kata Deis, selama ini juga sudah terjalin sangat baik berkat kompetensi kinerja sekda. Apalagi selama menjabat sekda, Dian mampu menempatkan posisinya yakni menjadi jembatan antara pemerintah dan dewan.
 
"Beliau figur yang mampu menyatukan persepsi antara dewan dan pemerintah," pungkasnya. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: