Daya Tampung Masjid Al Makmur Terbatas, Ribuan Warga Ciawigajah Salat Ied di Halaman Masjid dan Jalan Raya

Daya Tampung Masjid Al Makmur Terbatas, Ribuan Warga Ciawigajah Salat Ied di Halaman Masjid dan Jalan Raya

Ribuan warga Desa Ciawigajah melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu 22 April 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Ribuan warga Ciawigajah, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon mengikuti Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu 22 April 2023. Selain memadati Masjid Al Makmur, tempat dilaksanakannya Shalat Ied, warga juga menyemut hingga jalan raya Caracas-Sindanglaut.
 
Dari pantauan radarkuningan.com, warga yang ingin melaksanakan salat Ied sudah mulai berdatangan ke Masjid Al Makmur usai salat Subuh. Karena jamaah yang membeludak dan tak tertampung di dalam masjid, jamaah memilih halaman masjid dan jalan raya. Banyak jamaah dengan busana terbaiknya datang membawa karpet untuk dipakai salat Idul Fitri. 
 
 
Jamaah yang menyemut hingga radius 200 meter dari lokasi masjid. Suasana ceria sangat terasa menyambut datangnya hari kemenangan.
 
Pelaksanaan salat Idul Fitri berlangsung pukul 06.30 dan berakhir pukul 07.15. Selama berlangsungnya kegiatan salat Ied, tidak ada kendaraan yang melintas karena jamaah memenuhi badan jalan.
 
 
Ketua DKM Al Makmur, H Ishak mengatakan, momen Idul Fitri mampu merekatkan tali silaturahmi antar warga. Apalagi mayoritas warga Ciawigajah yang merantau kembali pulang merayakan lebaran. "Alhmadulillah pelaksanaan salat Idul Fitri berjalan lancar. Ribuan jamaah datang dan mengikuti salat," ujarnya, Sabtu 22 April 2023.
 

Bertindak sebagai khatib yakni Ustad Roy Abda'i. Ustad Roy menyampaikan tentang merayakan makna kemenangan di hari raya Idul Fitri.
 
Menurutnya, di hari raya ini semua umat Islam merayakan kemenangan sebagai orang-orang yang berhasil melewati berbagai rintangan selama menjalani pendidikan di Madrasah Ramadaan. 
 
 
"Kita rayakan keberhasilan, kita menundukkan hawa nafsu, kita rayakan kesuksesan, kita mengalahkan tipu daya setan, kita rayakan kemenangan karena kita telah melewati Ramadan dengan berbagai ibadah dan kebaikan. Marilah kita bermuhasabah, kita introspeksi dan evaluasi diri kita," katanya. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: