Cegah Kemacetan di Jalan Nasional, KBO Lantas Polres Kuningan Ikut Atur Lalin

Cegah Kemacetan di Jalan Nasional, KBO Lantas Polres Kuningan Ikut Atur Lalin

KBO Lantas Polres Kuningan, Iptu Sopian ikut mengatur lalulintas di pertigaan Caracas, Senin 24 April 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Usai sudah libur lebaran hari kedua. Para wisatawan yang menikmati berbagai objek wisata di Kabupaten Kuningan sudah kembali ke rumahnya masing-masing dengan membawa kenangan.
 
Kebersamaan selama berlibur dengan keluarga, tentu menjadi momen terindah. Meski harus melalui perjuangan menempuh perjalanan yang cukup jauh guna sampai ke lokasi wisata. 
 
 
Ini juga dirasakan keluarga H Ampurawinata yang datang bersama istri, anak, cucu dan kerabat lainnya ke objek wisata Cibulan, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.
 
Lebih dari empat jam, warga asal Karangampel, Indramayu itu menemani kelaurganya berenang dan bermain aneka jenis permainan air yang ada di lokasi tersebut.
 
Dia mengaku hampir saban tahun saat libur lebaran selalu datang ke Cibulan. Kendati lokasi Karangampel dengan Cibulan cukup jauh, namun tak menyurutkan langkahnya membawa keluarga menikmati dinginnya air kolam Cibulan.
 
 
Dia sendiri pernah mengajak wisata ke tempat lain, namun keluarganya menolak dan memilih berenang di Cibulan.
 
"Kalau setiap lebaran, saya pasti ke Cibulan. Ini karena anak dan cucu selalu meminta berenang. Saya sendiri sudah lupa, berapa puluh kali datang ke Cibulan. Bosan? Tentu tidak. Karena datangnya ramai-ramai sama keluarga. Apalagi anak-anak sangat suka berenang," katanya 
 
Sementara itu, arus lalulintas menuju objek wisata cukup padat pada Senin 24 April 2023.  Jumlah kendaraan pun mengalami kenaikan. Terpantau, pengalihan arus mulai diberlakukan sejak simpang Tugu Ikan Sampora.
 
 
Arus lalu lintas dari arah Cirebon dibelokkan ke Jalan Baru Lingkar Timur dan kendaraan yang akan menuju ke objek wisata dipersilakan mencari putaran yang terdekat.

"Sejak pagi sekitar pukul 10.00 WIB arus dari Cirebon kita arahkan semua ke Jalan Baru. Kalau yang mau ke objek wisata Sangkanurip atau Linggarjati silakan berbelok di simpang Panawuan, kalau yang akan ke Cibulan bisa belok di simpang Karangmangu dan yang akan ke Kuningan silakan terus sampai Tugu Sajati," sebut KBO Lantas Polres Kuningan, Iptu Sopian, Senin sore 24 April 2023.
 
BACA JUGA:Ini Jalan Alternatif ke Objek Wisata di Kuningan, Dijamin Bebas dari Kemacetan

Upaya ini, kata Sopian, cukup efektif untuk mengantisipasi kemacetan di jalan utama Kuningan Cirebon. Meski masih terpantau terjadi penumpukkan di beberapa persimpangan, hal ini disebabkan karena penumpukkan kendaraan yang akan masuk objek wisata.

"Hingga Senin sore ini arus lalu lintas di Kuningan masih terpantau padat lancar. Dengan pengalihan arus ini cukup efektif mencegah kemacetan panjang. Kalaupun terjadi sendatan, ini karena banyak kendaraan yang akan masuk ke objek wisata dan kita punya tim urai yang akan langsung sigap mengatasinya," sebut Sopian.
 
 
Dari pantauan radarkuningan.com, kepadatan lalulintas juga terasa dari pintu gerbang jalan lingkar timur Ancaran menuju pusat kota Kuningan. Laju kendaraan nampak tersendat dari Kedungarum sampai lampu merah Ciporang. Di lampu merah Cijoho yang merupakan sentra oleh-oleh Kuningan, banyak terparkir kendaraan. 
 
Begitu juga ruas jalan nasional Kuningan-Cirebon, terdapat kepadatan kendaraan di beberapa titik. Mulai dari perbatasan Desa Kalapagunung sampai pertigaan Kramatmulya, depan Surya Jalaksana dan juga Bandorasawetan- Caracas. Butuh waktu 20 menit dari Bandorasawetan hingga Pasar Cilimus. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: