PT Fashion Stitch Joshua Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja, Mr Kim: Kami Akan Terus Investasi di Kuningan

PT Fashion Stitch Joshua Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja, Mr Kim: Kami Akan Terus Investasi di Kuningan

Wakil Bupati HM Ridho Suganda, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan, Elon Carlan, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Cirebon Encep Dudi Ginanjar, Direktur PT.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Ribuan tenaga kerja bakal terserap jika PT Fashion Stitch Joshua (FSJ) yang berlokasi di Kecamatan Cidahu, Kuningan tersebut sudah mulai beroperasi.
 
Diperkirakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pakaian jadi atau garmen itu mempekerjakan sekitar 6 ribu tenaga kerja.
 
Tersedianya ribuan lapangan kerja tentu akan berimbas terhadap berkurangnya angka pengangguran di Kabupaten Kuningan.
 
Bukan hanya itu, perusahaan ini juga siap merekrut dan memberi kesempatan kerja pada penyandang disabilitas. 
 
 
 
Nah, untuk mencetak tenaga kerja siap pakai, perusahaan segera berdiri dan beroperasi tahun 2023 ini membuka program pelatihan produksi (Operator Sewing).
 
Pelatihan ini bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan. Lokasi pelatihan dipusatkan di UPTD BLK Disnakertrans setempat, Senin 19 Juni 2023.
 
Program pelatihan tersebut mulai dari bahan hingga mesin jahit disediakan oleh PT Fashion Stitch Joshua.
 
Target dari pelatihan ini adalah para peserta memiliki skill menjahit sebagai operator sewing dengan terampil. Dan untuk seterusnya dapat diserap sebagai tenaga kerja PT Fashion Stitch Joshua.
 
 
 
Sebelum pelatihan dibuka, acara dimulai dengan pertemuan di ruang Kepala Disnakertrans. Hadir Wakil Bupati HM Ridho Suganda, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan, Elon Carlan.
 
Juga Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Cirebon Encep Dudi Ginanjar, Direktur PT. Fashion Stitch Joshua Mr Kim dan jajarannya.
 
Wabup Ridho Suganda mengucapkan terima kasih kepada PT Joshua atas ketertarikannya telah berinvestasi di Kabupaten Kuningan dengan membuka pabrik industri garmen.
 
Wabup juga menyampaikan apresiasinya kepada perusahaan karena membuka program pelatihan khusus buat produksi.
 
 
 
"Ini membuktikan bahwa perusahaan benar-benar percaya dan memberikan kesempatan kepada masyarakat Kabupaten Kuningan untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Sekali lagi, atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih," ujar Wabup Ridho, Senin 19 Juni 2023.
 
Wabup mengatakan, karena pelatihan ini berlangsung sebulan, bisa dipastikan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa merekrut yang baru lagi. 
 
"Mohon bersabar juga. Bukan berarti ada permainan. Ini karena pelatihannya cukup lama. Dimana pelatihannya harus sesuai dengan standarisasi yang memberikan pekerjaan," tegas Wabup Ridho.
 
Jika nanti yang menjahitnya nggak benar, kata wabup, itu sangat berbahaya. Yang menjadi peserta pelatihan juga harus siap kerja. 
 
 
 
"Semuanya harus menjaga kepercayaan tersebut, semoga segala macam kebutuhan perusahaan bisa kita fasilitasi untuk menunjang kesiapan para calon tenaga kerja dalam program pelatihan ini," sebut wabup.
 
Wabup berharap perusahaan bisa berkomitmen sama halnya dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Dimana pemkab akan siap memasilitasi segala macam kebutuhan mulai dari perijinan dan kesiapan tenaga kerja.
 
“Inilah komitmen kita memberikan izin kepada perusahaan namun dengan syarat tenaga kerja secara kuantitas harus berasal dari Kabupaten Kuningan. Khususnya masyarakat sekitar pabrik, karena dengan keberadaan perusahaan disana harus bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekitar," ungkap Wabup Ridho.
 
 
 
Sedangkan Direktur PT. Fashion Stitch Joshua Mr Kim Won Pil melalui penerjemah Mr Choong Hwan Lee yang juga sebagai Manager Plant FSJ berjanji akan siap berinvestasi di Kabupaten Kuningan.
 
"Kami menargetkan, perusahaan mampu menyerap tenaga kerja dengan target 6.000 orang. Dan kami juga siap membantu pemkab melalui dana CSR perusahaan," janji Mr Kim. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: