Ketua DPRD Kuningan Kesengsem Rencana Tol Kuningan, Minta Pemerintah Pusat Segera Realisasikan Pembangunan

Ketua DPRD Kuningan Kesengsem Rencana Tol Kuningan, Minta Pemerintah Pusat Segera Realisasikan Pembangunan

Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy mengaku kesengsem dan meminta pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan jalan Tol Kuningan. (Agus Sugiharto)--

"Kalau inginnya sih segera diwujudkan pembangunan jalam Tol Kuningan. Selain mempersingkat transportasi juga lebih mudah menuju Bandara Kertajati dan Tol Cisundawu. Kami sangat mendukung program ini," tegas Nuzul. 

Diperkirakan, 12 tahun yang akan datang, wilayah Kabupaten Kuningan akan memiliki jalan tol yang menghubungkan Tol Cipali di utara dan Tol Getaci yang berada di selatan Jawa Barat.

BACA JUGA:Jalan Lingkar Timur Bakal Terang Benderang, Dipasang Ratusan Titik Lampu PJU Bantuan dari Pemprov Jabar

Pembangunan ruas jalan tol ini sudah dirancang oleh Pemerintah Pusat. 

Opsi lainnya yang dipertimbangkan dan direncanakan pemerintah pusat, di tahun 2030 adalah pembangunan jalan tol Kuningan-Cipali. Jalan tol ini khusus untuk exit Kuningan.

Kedua rencana pembangunan jalan tol sudah masuk dalam kajian Kementrian PUPR RI.

Nantinya, ruas tol ini akan melingkar dari wilayah Cirebon masuk ke Kuningan di sebelah barat jalan nasional atau sepanjang lereng Gunung Ciremai. 

BACA JUGA:Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Wakil Ketua DPRD Kuningan Sarankan Pemkab Promosi Wisata di Bandara Kertajati

Seperti Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka hingga ke wilayah Kabupaten Ciamis dan berakhir di Tol Getaci.

Untuk exit tol di Kuningan kemungkinan di Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cigugur.

Kepala Bidang Bina Marga pada DPUTR Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi menjelaskan, pembangunan tol yang melintasi wilayah Kabupaten Kuningan sudah dalam agenda Kementrian PUTR.

Ruas jalan tol ini akan menghubungkan Tol Getaci di selatan dan Tol Cipali di utara Jawa Barat.

BACA JUGA:Soal Pembangunan Jalan Lingkar Utara, Bupati Kuningan Berikan Dukungan dan Minta Bappeda Segera Buat Kajian

"Desainnya sudah ada, dan dalam kajian Kementrian PUPR. Jalan tol ini cukup panjang dan dibangun sepanjang lereng Gunung Ciremai. Jika terlaksana, tentu akan ada pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan," terang Teddy kepada radarkuningan.com.

Menurut Teddy, untuk exit tol di wilayah Kuningan kemungkinan ada dua yang dibangun. Yakni di sekitar Linggarjati dan Cigadung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: