Biaya Rp 36, Triliun, Luas 3.000 Hektare, Bandara Soekarno Hatta 2 Disebut Dibangun di Karawang

Biaya Rp 36, Triliun, Luas 3.000 Hektare, Bandara Soekarno Hatta 2 Disebut Dibangun di Karawang

Bandara Soekarno Hatta 2 kabarnya akan dibangun di Kabupaten Karawang. -Ilustrasi-radarkuningan.com

BACA JUGA:Bupati Cellica Ungkap Rencana Bangun Bandara Soekarno Hatta II di Kabupaten Karawang, Saingan Kertajati?

Di sisi lain, melansir laman resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencantumkan informasi rencana pembangunan Bandara Karawang, meski tidak disebut sebagai Bandara Soekarno Hatta 2.

Namun, pada bagian status terakhir tercantum keterangan bahwa Kementerian Perhubungan masih berencana membangunnya dan sedang menunggu proses revisi RTRWN.

Revisi RTRWN tersebut guna mengakomodir rencana pembangunan Bandara Karawang. Sebab, sudah masuk ke dalam Rencana Induk Nasional Bandar Udara dan akan dibangun setelah Bandara Kertajati mulai beroperasi.

Pembangunan bandara baru di karawang dengan kapasitas 100 juta penumpang/tahun. Jauh lebih besar dari Bandara Kertajati yang berada di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:MREMAAN! Libur Natal dan Tahun Baru Bakal Menjadi Puncak Penumpang di Bandara Kertajati Majalengka

Kendati demikian, dari informasi yang disampaikan baru-baru ini, rencana pembangunan tersebut baru dilakukan di tahun 2027.

Di mana pada waktu tersebut baru akan dilakukan detailed enginering design (DED). Sedangkan pembangunannya akan dilaksanakan di tahun 2028.

Karenanya, patut dinantikan informasi berikutnya mengenai rencana pembangunan Bandara Karawang yang disebut sebagai Bandara Soekarno Hatta 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: