Menarah Saidah Miring dan Angker, Begini Hasil Penelitian, Oh Ternyata

Menarah Saidah Miring dan Angker, Begini Hasil Penelitian, Oh Ternyata

Menara Saidah diisukan miring dan angker.-Yuda Sanjaya-radarkuningan.com

"Kami menggunakan survei Pemindai Laser Terestrial untuk menyelidiki masalah gedung bertingkat. Teknologi ini mampu membuat objek 3D dengan akurasi milimeter. Kemiringan bangunan dapat dilihat hanya dari vertikalitasnya," tulis keterangan pada makalah.

BACA JUGA:Ada Kesempatan untuk Promosi, Kabag Keuangan Setda Kuningan Akhirnya Daftar Lelang Jabatan JPT

Dalam penelitian dan investigasi itu, tim dari ITB memilih beberapa bangunan bertingkat tinggi untuk diukur secara akurat, terutama bila terjadi penurunan permukaan tanah yang besar.

Kesimpulannya, tim peneliti kami menemukan vertikalitas bangunan yang diselidiki masih dalam batas toleransi.

Metode yang digunakan untuk penyelidikan tersebut adalah Terrestrial Laser Scanner (TLS), salah satu teknologi yang dapat mendeteksi kemiringan secara akurat.

Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa bangunan tersebut mempunyai kemiringan nol (90 derajat antara sumbu X dan Y).

BACA JUGA:Inilah Transportasi Dari Bandara Kertajati Menuju Ke Bandung

Artinya tidak ada kemiringan pada bangunan tersebut dan tidak ada pengaruh bahkan penurunan tanah yang signifikan disekitarnya terhadap vertikalitas bangunan selama ini.

Oleh karena itu, meski selama ini menjadi desas desus bahwa Menara Saidah miring beberapa centimeter karena penurunan permukaan tanah, tetapi hasil penelitian justru menyatakan sebaliknya.

Kesimpulan dari Tim Peneliti ITB tersebut adalah Gedung Menara Saidah tidak miring seperti yang diisukan, bahkan 90 derajat antara subu x dan y alias kemiringannya nol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: