Peta Jalan Tol Kuningan Cirebon yang Melintasi Lereng Gunung Ciremai dari Ciperna ke Linggarjati

Peta Jalan Tol Kuningan Cirebon yang Melintasi Lereng Gunung Ciremai dari Ciperna ke Linggarjati

Peta Tol Kuningan - Cirebon yang sudah masuk dalam rencana dari Kementerian PUPR.-Dok Kementerian PUPR - Diolah/Yuda Sanjaya-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Peta Jalan Tol Kuningan Cirebon atau yang disebut Tol Kunci dapat dilihat di laman Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Peta Jalan Tol Kuningan Cirebon memiliki 2 fase pembangunan dengan daerah yang dilintasi dimulai dari Tol Palikanci ke Ciperna, Kabupaten Cirebon. 

Kemudian terus ke arah barat sampai ke Desa Pakembangan, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya ruas tol ini akan melintasi wilayah Cibereum dan terdapat akses keluar yakni Exit Tol Linggarjati Kecamatan Cilimus.

BACA JUGA:Warga Berharap Jalan Tol Kunci Alias Kuningan - Cirebon segera Dibangun

Berikutnya ruas tol akan terus berada di sisi barat jalan nasional atau di lereng Gunung Ciremai sampai ke Kecamatan Cigadung, di mana terdapat exit tol lainnya.

Fase pertama jalan tol ini, memiliki panjang 28 kilometer dan membentang dari Ciperna, Kabupaten Cirebon sampai Cigadung, Kabupaten Kuningan.

Rencana pembangunan pada fase pertama dilaksanakan pada tahun 2030 sampai dengan 2034.

Sedangkan untuk fase kedua, peta Jalan Tol Kuningan - Cirebon akan dilanjutkan ke Tasikmalaya sepanjang 58 kilometer dengan estimasi pembangunan pada 2035 - 2039.

BACA JUGA:Tol Kuningan-Cirebon Jadi Harapan Warga, Bakal Percepat Distribusi Barang dan Transportasi Antar Daerah

Pembangunan fase kedua ini, mengacu pada perencanaan akan dimulai dari Cigadung sampai ke Cikijing di wilayah Kabupaten Majalengka.

Lalu diteruskan sampai ke Kabupaten Ciamis dan tersambung dengan Jalan Tol Gedebage, Tasikmalaya, Cilacap (Getaci).

Mengutip Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 367/KPTS/M/2023 tanggal 17 Maret 2023 yang mengatur mengenai rencana umum jaringan jalan nasional tahun 2020 - 2040. Termasuk di dalamnya jalan tol dan jalan non tol.

Selain itu, di wilayah 3 Cirebon sebenarnya ada pembangunan ruas tol lainnya yang akan lebih cepat terealisasi yakni pembangunan Jalan Tol Kertajati Indramayu sepanjang 46 kilometer dengan rencana realisasi pada 2025 sampai dengan 2029.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: