Cirebon Bakal Menjadi Metropolitan Besar, Pusat Komersial Kawasan Rebana

Cirebon Bakal Menjadi Metropolitan Besar, Pusat Komersial Kawasan Rebana

Kepala Badan Pengelola Rebana Metropolitan, Bernardus Djonoputro menyebut bahwa Cirebon bakal menjadi pusat komersial dari kawasan aglomerasi perkotaan Rebana.-Asep Kurnia-radarkuningan.com

BACA JUGA:WOW! Ada LRT Cirebon Raya - Kertajati hingga Rel Kereta Rancaekek - Majalengka di Rebana Metropolitan

Kedua, pangsa pasar investor baru dari luar negeri. Bentuknya industri masa depan; green investment, ekosistem kendaraan listrik, pharmacy modern dan seterusnya.

Ketiga, yaitu market relokasi. Ini adalah usaha yang beroperasi di kota besar seperti di Bandung atau Bekasi yang tidak bisa diteruskan.

“Di sana sudah tidak ekonomis, karena polusi dan sebagainya. Kita memperkuat jaringan kepada para investor, kita siapkan peruntukan kawasan industri. Pertumbuhan di Rebana ini basisnya harus kawasan industri," beber Bernie.

Pengembangan kawasan perkotaan baru dengan dukungan proyek strategis nasional ini mencakup 81 program infrastruktur jalan, pelabuhan, bandara, bendungan, perhubungan, sumber daya air senilai Rp234.596 triliun.

BACA JUGA:Keputusan Diteken Presiden, Ciayumajakuning Kini Jadi Rebana Metropolitan Ditambah Subang dan Sumedang

Metropolitan Rebana sebagai kutub pertumbuhan baru di Jawa Barat membuka lapangan pekerjaan bagi 4,39 juta penduduk dan meningkatkan investasi hingga 7,77 persen.

Terwujudnya kawasan Rebana sebagai motor pertumbuhan ekonomi wilayah Jawa Barat bagian Timur-Utara berbasis pada pengembangan investasi yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi dan berkelanjutan.

"Kawasan Metropolitan Rebana ini merupakan kawasan yang sangat komplet sebagai sebuah kota pertumbuhan baru," tutur Bernie.

Bernie bilang, setiap wilayah mengambil perannya masing-masing. Kuningan, misalnya, dijagokan dari segi pariwisata.

BACA JUGA:MANTAP! Jalan Tol Kuningan Cirebon Masuk Dalam Perencanaan Rebana Metropolitan

Potensi kawasan industri di Indramayu, Majalengka maupun Sumedang. Bernie juga optimis dengan sokongan anggaran dari APBN.

 "Saya kira potensi ini tinggal kita betul-betul manfaatkan untuk menjadikan kawasan metropolitan rebana ini lebih kompetititf di global," tukasnya.

Cirebon, kata Bernie, jadi salah satu pengembangan unggulan Metropolitan Rebana. Kabupaten dan Kota Cirebon jadi salah satu pusat pertumbuhan utama.

"Cirebon berfungsi sebagai kota jasa dan kota pelayanan jasa maupun residensial untuk seluruh wilayah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: