Bandara Sukabumi Disebut Layak Dibangun, Bisa Didarati Boeing 737 dan Akses ke Geopark Ciletuh

Bandara Sukabumi Disebut Layak Dibangun, Bisa Didarati Boeing 737 dan Akses ke Geopark Ciletuh

Bandara Sukabumi dibangun untuk akses ke Geopark Ciletuh dan potensi penumpang dari wilayah sekitar. Foto hanya ilustrasi. -Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

BACA JUGA:Bandara Kertajati Baru Beroperasi, Muncul Bandara Sukabumi, Susi Pudjiastuti pun Berang

Kemudian dari hasil kajian windrose, dan memperhatikan topografi sudah ditentukan area take off dan landing pesawat. Prosedur take off dan landing pun sudah dibuat SOP nya oleh Kementerian Perhubungan.

Dari sisi perencanaan sampai pembebasan lahan dilakukan oleh Pemprov Jabar, kemudian selanjutnya untuk pembangunan dan operasional dilaksanakan oleh kementerian perhubungan.

Di sisi lain, Ketua Lembaga Analisa dan Transparansi Anggaran (LATAS), Feri Permana menilai, pembangunan bandar abelum menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

"Pembangunan Bandara Kertajati saja, pemerintah masih susah payah untuk menghidupkannya," kata Feri, dilansir dari Radar Sukabumi, Kamis, 16, November 2023.

BACA JUGA:Bukan Karena Hal Mistis! Ternyata ini Arti Kucing Mengeong Malam Hari

Menurutnya, lebih penting saat ini pemerintah menyelesaikan Tol Bocimi sampai ke Sukabumi Timur. Ketimbang uangnya dipakai membangun bandara yang belum jadi kebutuhan masyarakat.

"Kalau dibangun dan tidak ada yang pakai, sayang anggaran negara. Lebih cocok selesaikan Tol Bocimi sampai Sukabumi Timur. Itu baru penting," tandasnya.

Infrastruktur berikutnya yang diperlukan adalah pembangunan double track kereta api Bogor - Sukabumi.

Karena kedua proyek tersebut jauh lebih dibutuhkan daripada membangun Bandara Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: