Tanggung Jawab Layani Warga Satu Kabupaten, Anggaran Susah Cair, Begini Jeritan Hati UPT Damkar Kuningan

Tanggung Jawab Layani Warga Satu Kabupaten, Anggaran Susah Cair, Begini Jeritan Hati UPT Damkar Kuningan

Meski sepanjang tahun ini bekerja keras melayani masyarakat, namun bukan jaminan anggaran untuk UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kuningan turun lancar. --

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Meski sepanjang tahun ini bekerja keras melayani masyarakat, namun bukan jaminan anggaran untuk UPT Pemadam Kebakaran (Damkar)  Kuningan turun lancar. 

Unit yang berada dibawah kendali Dinas Satuan Polisi PP Kuningan itu sedang dirundung duka. Lantaran anggaran rutinnya susah dicairkan untuk kepentingan operasional.

Tak pelak kondisi ini memaksa sang komandan Damkar, Mh Khadafi putar otak menyiasatinya. Seretnya pencairan anggaran berimbas terhadap operasional kendaraan dalam melayani masyarakat.

"Inilah kondisi yang terjadi. Anggaran untuk mendukung kegiatan Damkar melayani masyarakat belum bisa cair. Kami bingung harus melakukan apa agar anggaran Damkar bisa segera turun," sebut Khadafi, Minggu 19 November 2023.

BACA JUGA:Makanan Kucing yang Murah Tapi Kaya Khasiat, Gizi Anabul Terpenuhi

Padahal tanggung jawab yang diemban UPT Damkar tak main-main. Jika UPT lainnya yang kedudukannya setara hanya bertanggung untuk satu atau dua kecamatan saja, berbeda dengan UPT Damkar.

Pasukan yang dikenal dengan warna seragamnya biru-biru itu bekerja melayani masyarakat se Kabupaten Kuningan. Area tugasnya juga tak hanya memadamkan api saja melainkan juga di luar itu sesuai laporan masyarakat.

Seperti menangkap ular, menangkap tawon, menangkap anjing liar, melepaskan cincin yang macet, menangani orang hilang.

Kemudian juga menangani pohon tumbang, menyemprot gorong-gorong yang tersumbat sampah.

BACA JUGA:10 Aroma yang Tidak Disukai oleh Kucing, Ada Warna yang Juga Dibenci?

Tak kalah hebatnya, saat ada warga yang melapor bahwa kucingnya terjebak di atas pohon, petugas Damkar lah yang dihubungi dan diminta bantuannya. 

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kuningan, Agus Basuki tak memungkiri jika peran Damkar dalam melayani masyarakat sangat luar biasa.

Bukan hanya memadamkan api, tapi juga pelayanan lainnya yang membutuhkan kehadiran petugas Damkar. 

"Sekarang UPT Damkar sering diminta menangkap tawon, ular, monyet, biawak, lepas cincin, evakuasi orang dan juga semprot saluran air. Dan juga mengevakuasi kucing yang terjebak di pohon. Pokoknya apa yang dilaporkan masyarakat, Damkar selalu turun tangan," sebut Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: