2 Kimiripan Salah Satu Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini dengan Selandia Baru, Padahal Dulu Terpencil

2 Kimiripan Salah Satu Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini dengan Selandia Baru, Padahal Dulu Terpencil

Desa Cibuntu yang dijuluki New Zealand Kuningan. -Pesona Indonesia -radarkuningan.com

Tempat indah berjuluk "Negara Kiwi" ini berbentuk kepulauan yang berada di Samudera Pasifik. Bukan tanpa sebab Selandia Baru dijuluki Negara Kiwi.

Burung Kiwi sendiri merupakan salah satu spesies burung yang tidak dapat terbang dan banyak terdapat di Selandia Baru.

BACA JUGA:Temukan Kesejukan dan ‘Cuci Mata’ dengan Pemandangan Kafe Bernuansa Alam di Kuningan

Negara ini meiliki dua pulau besar bagian utara dan selatan serta pulau kecil di sekelilingnya. Bagi yang menyukai alam, Selandia Baru bisa menjadi negara yang wajib dikunjungi.

Begitu juga dengan Desa Cibuntu. Desa di lereng Gunung Ciremai ini merupakan peraih Anugerag Desa Wisata Indonesia 2021. Cibuntu dikategorikan sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif.

Cibuntu pada tahun 2016, menempati posisi ke-5 sebagai Desa Wisata terbaik tingkat ASEAN untuk bidang homestay.

Pada 2017, juga menjadi juara ke-2 Desa Wisata Terbaik dalam penghargaan Community Based Tourism (CBT). Penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf).

BACA JUGA:Ide Nama yang Unik dan Lucu untuk Kucing Jantan

Bukan itu saja. Desa Wisata Cibuntu terkenal salah satunya akan situs-situs. Konon merupakan lokasi tapak tilas para wali ketika menuju Gunung Ciremai.

Pelancong dapat menikmati wisata sejarahdan menginap di homestay. Juga bisa mencicipi berbagai macam kuliner khas desa di ujung barat Kabupaten Kuningan tersebut. Lokasi ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Cirebon.

Belum lagi tentang pemandangan serba hijau dan meneduhkan dari sawah, perbukitan sekitar, serta pepohonan yang berada di sekitar desa wisata.

Air Terjun Gongseng juga masuk dalam daftar spot terkenal di Desa Wisata Cibuntu. Selain indah, tepat di bawah air terjun setinggi 20-an meter ini terdapat kolam untuk berenang atau sekadar main air.

BACA JUGA:Dahsyat Fadhilahnya! Inilah Bacaan Sholawat Jibril 1000x, Kapan Waktu Membacanya?

Air Terjun Gongseng dapat dijangkau melalui jalur jalan kaki. Hanya butuh waktu 5 menit dari tempat parkir sudah sampai air terjun.

Inilah setidaknya 2 kesamaan antara Desa Wisata Cibuntu dengan Selandia Baru. Kerena kesamaan ini, banyak yang menjuluki Cibuntu sebagai New Zealand-nya Kuningan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: