2 Kimiripan Salah Satu Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini dengan Selandia Baru, Padahal Dulu Terpencil

2 Kimiripan Salah Satu Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini dengan Selandia Baru, Padahal Dulu Terpencil

Desa Cibuntu yang dijuluki New Zealand Kuningan. -Pesona Indonesia -radarkuningan.com

Kondisi tersebut membuat warga desa maupun dari luar tidak nyaman. Apalagi setiap orang di desa itu jika dirata-rata satu warga memiliki kambing. Bahkan ada yang hingga 20 ekor. 

BACA JUGA:Akhirnya Jadi Juga, Hari Kamis, Bupati Kuningan Lantik 4 JPT Pratama Baru dan Gelar Mutasi Ratusan Pejabat

Melihat kondisi itu, pada 2010 ada yang menginisiasi membangun Kampung Domba. Lokasinya dekat bukit dan relatif jauh dari pemukiman.

Kampung Domba ternyata merupakan solusi konkret dalam pengembangan ternak di desa  ini. Jumlah kambing pun terus meningkat.

Bahkan sekarang, jumlah kambing di Desa Cibuntu ternyata lebih banyak dari jumlah penduduk desa.

Jumlah kambing di Desa Cibuntu tercatat 1.100 ekor. Jumlah tersebut meningkat dibanding sebelumnya sekitar 1.000 ekor.  Pada awal beternak hanya puluhan ekor saja. Kemudian beranak pinak menjadi ribuan.

BACA JUGA:Kafe Bernuansa Alam Di Kuningan Jawa Barat, Cocok Jadi Tempat Kumpul Bareng teman

Sementara, jumlah penduduk yang tinggal dan beraktivitas di sekitar Kampung Domba hanya sekitar  779 sampai 800 jiwa. Itu artinya setiap  warga memiliki 1 ekor domba atau kambing.

Banyak warga luar yang datang membeli kambing di desa ini. Kondisi kandang yang terawat ditunjang dengan suasana alam yang hijau, membuat warga nyaman beternak kambing.

Kandang kambing yang dibangun tampak menarik perhatian. Bentuk kandang dibuat seperti rumah panggung sekat luas sesuai jumlah kambing dan yang diternak.

2. Jadi Tempat Wisata

Seperti diketahui, Selandia Baru sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat indah dan terjaga. Misalnya, fakta yang menarik, di negara ini terdapat danau paling jernih di dunia.

BACA JUGA:5 Tempat Staycation yang tenang di Kabupaten Kuningan, Bonus Pemandangan dan Hawa Sejuk, Siapa Mau?

Danau ini bernama Rotomairewhenua atau biasa disebut “Blue Lake”. Danau tersebut merupakan salah satu tujuan favorit para pelancong.

Jika jalan-jalan ke Selandia Baru dijamin tudak kecewa. Negara ini memang terkenal dengan keindahan alamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: