BREAKING NEWS: Gempa Bumi 4,0 Magnitudo Guncang Laut Pangandaran, Daerah Ini Turut Merasakan

BREAKING NEWS: Gempa Bumi 4,0 Magnitudo Guncang Laut Pangandaran, Daerah Ini Turut Merasakan

Gempa bumi tektonik terjadi di laut Kabupaten Pangandaran.-BMKG-radarkuningan.com

Pangandaran, RADARKUNINGAN.COM - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,0 terjadi di laut Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat, 24, November 2023.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi di Kabupaten Pangandaran sekitar pukul 11.08 WIB.

Pusat lokasi gempa bumi atau episenter berada di 82 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 30 kilometer.

Hasil analisa dari BMKG gempa tektonik tersebut termasuk jenis gempa bumi dangkal yang terjadi akibat subduksi lempeng Indo - Australia yang menujam di bawah Lempeng Eurasia.

BACA JUGA:10 Nama Kucing dengan Arti Keberuntungan, yang Bisa Membawa Rezeki!

Analisa tersebut berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Karena berada di kedalaman 30 kilometer, sehingga masuk dalam kategori dangkal.

Dampak dari gempa bumi tersebut dilaporkan dirasakan di Kabupaten Pangandaran, Cikajang, Bungbulang dengan skala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian pada skala intensitas II - III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut. Sampai pukul 11.30 WIB, belum ada aktivitas gempa bumi susulan.

BACA JUGA:November Kelabu di Kawah Burung Gunung Ciremai dan Kisah Pesawat Cessna yang Hilang Selama 2 Minggu

BMKG juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: