Kucing Besar dari Pulau Jawa Terancam Punah, Justru di Gunung Ciremai Ada Indikasi Penambahan 3 Ekor

Kucing Besar dari Pulau Jawa Terancam Punah, Justru di Gunung Ciremai Ada Indikasi Penambahan 3 Ekor

Slamet Ramadhan salah satu individu macan tutul jawa di Gunung Ciremai terpantau kamera.-Tim Matul BTNGC-radarkuningan.com

Artinya, individu macan tutul tersebut bukan berasal dari hasil kembang biak macan tutul yang ada sebelumnya. Apalagi hasil identifikasi sementara individu baru itu sudah dewasa.

BACA JUGA:Penerbangan Batam - Kertajati Diharapkan Ditambah: Selama Ini Kami Sudah Terbang ke Bandung, Sekarang Dipindah

“Ini ada indikasi dan informasi terkait pembeda-pembeda dari macan tutul di beberapa tempat, mungkin ada tiga individu yang ingin kami pastikan lagi,” ungkap Maman.

“Kami sedang mempelajari pola tutulnya. Pada waktunya akan kami rilis. Ada empat. Setelah kami analisa, sepintas dari pola tutul itu ada tiga individu baru,” katanya lagi.

 Maman menekankan Balai TNGC akan melakukan analisis lebih lanjut terkait indikasi tersebut. Terlebih macan tutul merupakan tiga spesies kunci bagi ekosistem di Gunung Ciremai.

“Satwa prioritas atau satwa kunci yang selalu kita pantau untuk kita tingkatkan populasinya adalah tiga spesies kucing besar (macan tutul), surili dan elang jawa. Tiga spesies ini harus dipantau tingkat perkembangan sebaran populasi, habitat maupun satwa mangsanya,” tuturnya.

BACA JUGA:Ditemukan Jenis Edelweis Baru di Gunung Ciremai, Lokasinya di Batu Pangsujudan, Lereng Majalengka

Koordinator Pemantau Macan Tutul Jawa Balai TNGC Dwi Suryana menyampaikan bahwa proses identifikasi adanya individu baru macan tutul itu masih membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Sebab, ada sejumlah tahapan dan metode perhitungan tertentu guna menyatakan populasi macan tutul di Gunung Ciremai bertambah.

“Perlu justifikasi oleh ahli. Ini proses yang belum dilakukan. Tahapan paling susah adalah tahapan pengunduhan, identifikasi dan pengumpulan datanya,” jelas Dwi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: