Suara Gamelan di Puncak Gunung Ciremai, Aura Mistis yang Bikin Berdiri Bulu Kuduk Para Pendaki

Suara Gamelan di Puncak Gunung Ciremai, Aura Mistis yang Bikin Berdiri Bulu Kuduk Para Pendaki

Suara gamelan yang kerap terdengar pendaki merupakan salah satu cerita mistis Gunung Ciremai.-Andrea Ramadhan/ist-radarkuningan.com

BACA JUGA:Keruing, Pohon Langka Bisa Jadi Obat Ini, Dapat Ditemukan di Gunung Ciremai, Lokasinya Dirahasiakan?

Suara gamelan itu berasal dari bunyi angin yang berhembus di antara celah-celah batu atau pepohonan di Gunung Ciremai. Bunyi angin ini bisa menimbulkan resonansi yang mirip dengan bunyi gamelan.

Selain itu, suara gamelan itu berasal dari bunyi hewan atau burung yang hidup di Gunung Ciremai. Beberapa jenis hewan atau burung bisa mengeluarkan suara yang mirip dengan bunyi gamelan, seperti kijang, rusa, kukang, atau jalak.

Atau, suara gamelan itu berasal dari halusinasi pendengaran yang dialami oleh para pendaki. Halusinasi pendengaran bisa disebabkan oleh kelelahan, dehidrasi, hipoksia, stres atau faktor psikologis lainnya. Halusinasi pendengaran bisa membuat seseorang mendengar suara yang sebenarnya tidak ada.

Namun demikian, suara gamelan di Gunung Ciremai masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Apakah suara gamelan itu benar-benar ada atau hanya sebuah mitos?  Apakah suara gamelan itu berasal dari makhluk halus atau fenomena alam atau psikologis?

BACA JUGA:Bukan Hanya Gunung Ciremai, Kuningan juga Punya Gunung Tilu, 1 Puncak tak Punya Nama, Jadi Hulu 3 Sungai Besar

Hingga kini, belum ada jawaban pasti yang bisa memuaskan rasa penasaran para pendaki. Namun, suara gamelan di Gunung Ciremai tetap bernilai dan menarik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: