Bukan Hanya Gunung Ciremai, Kuningan juga Punya Gunung Tilu, 1 Puncak tak Punya Nama, Jadi Hulu 3 Sungai Besar

Bukan Hanya Gunung Ciremai, Kuningan juga Punya Gunung Tilu, 1 Puncak tak Punya Nama, Jadi Hulu 3 Sungai Besar

Gunung Tilu yang berada di wilayah timur Kabupaten Kuningan.-Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM -  Tidak hanya Gunung Ciremai yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Ternyata daerah ini memiliki banyak Gunung. Di antaranya adalah Gunung Tilu.

Bedanya, Gunung Ciremai berada di Kuningan belahan barat, sebagai tapal batas dengan Kabupaten Majalengka. Tetapi Gunung Tilu berada di Kuningan belahan timur. 

Gunung ini sebagi pembatas antara Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Brebes. Juga sekaligus tapal batas antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Tilu ini juga sangat penting. Selain merupakan deretan 3 puncak gunung, juga merupakan hulu atau mata air dari 3 sungai yang mengaliri Kabupaten Kuningan dan sebagain Kabupaten Brebes.

BACA JUGA:Bahaya Tanaman Sirih Gading! Hati-hati Beracun Bagi Manusia dan Hewan

Yang aneh, dari 3 puncak yang ada di Gunung Tilu, 1 di antaranya tidak memiliki nama. Padahal puncak anonim ini yang tertinggi nomor 2 di kawasan gunung tersebut.

Gunung ini juga merupakan kawasan hutan yang memiliki potensi dan menjadi sandaran serta sumber kehidupan bagi masyarakat sekitarnya. 

Jika dilihat dari kejauhan, Gunung Tilu memang memiliki 3 puncak yang berdekatan. Memang sesuai namanya Gunung Tilu itu artinya 3 gunung. 

Ada 3 sungai yang bermata air di gunung tersebut. Yakni Sungai Citaal, Sungai Cijangkelok dan Sungai Cikaro. Nama sungai ini sudah sangat akrab dengan masyarakat Kuningan belahan timur.

BACA JUGA:Sering Dijadikan Dekorasi Indoor, Begini Cara Mudah Merawat Tanaman Janda Bolong

Walaupun bukan “perawan” lagi, hutan di sekitar 3 puncak gunung ini, sebagian besar merupakan kawasan yang berstatus hutan lindung. 

Masih banyak keanekaragaman hayati kawasan hutan tersebut. Walau lambat laun juga terancam. Maklum, di sekitar kawasan ini dikelilingi pemukiman penduduk yang relatif padat.

Sementara sebagian wilayahnya merupakan kawasan hutan produksi yang ditanami jati dan pinus. Bahkan di antaranya juga bersisian dengan sebagian hutan yang telah dibuka untuk dijadikan kebun atau persawahan. 

Walaupun hutan lindung, kawasan ini tidak dikelola oleh Taman Nasional. Pengelola kawasan hutan Gunung Tilu ini adalah Perum Perhutani KPH Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: