Cara Merawat Janda Bolong: Tips untuk Menjaga Keindahan Tanaman Hias Anda

Cara Merawat Janda Bolong: Tips untuk Menjaga Keindahan Tanaman Hias Anda

Cara merawat tanaman hias janda bolong agar terjaga keindahannya. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Tanaman janda bolong (Monstera Adansonii) adalah Tanaman hias populer yang dikenal dengan daun-daun lobus besar dan uniknya yang memiliki lubang-lubang cantik.

Agar tanaman ini tetap indah dan sehat, perawatan yang baik sangat diperlukan. Salah satu masalah umum yang dapat dihadapi pemilik tanaman janda bolong adalah perubahan warna daun menjadi kuning.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips efektif untuk merawat janda bolong agar daunnya tetap hijau dan segar.

1. Penyiraman yang Tepat

Satu dari penyebab umum daun janda bolong kuning adalah penyiraman yang tidak sesuai. Tanaman ini lebih suka tanah yang tetap lembab, tetapi tidak tergenang air.

BACA JUGA:3 Wisata Danau di Majalengka yang Menarik untuk Dikunjungi di Akhir Pekan, Ini Daftarnya

Pastikan untuk memberikan air setelah permukaan tanah terasa agak kering. Seiring musim berubah, kebutuhan air tanaman juga bisa berubah, jadi perhatikan tanahnya dan sesuaikan frekuensi penyiraman.

2. Tanah yang Baik 

Janda bolong menyukai tanah yang kaya nutrisi dan memiliki drainase yang baik. Pilih campuran tanah yang memiliki kemampuan mengalirkan air dengan baik agar tanaman tidak tergenang. Selain itu, pupuk seimbang dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

3. Paparan Cahaya yang Tepat

Pencahayaan yang tidak memadai atau berlebihan dapat menjadi penyebab daun kuning pada janda bolong.

Tanaman ini menyukai cahaya yang terang namun terhindar dari sinar matahari langsung yang dapat membakar daunnya. Letakkan tanaman di tempat yang mendapat cahaya sepanjang hari atau di tempat yang mendapat cahaya yang tersebar.

BACA JUGA:5 Wisata Alam di Kuningan dengan Pesona Alam Memukau, Cocok Dikunjungi Saat Libur Nataru

4. Kelembaban Udara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: