8 'SGIE' Terbaik di Cirebon Raya, Jangan Dilewatkan, Terjangkau Harganya dan Dijamin Puas

8 'SGIE' Terbaik di Cirebon Raya, Jangan Dilewatkan, Terjangkau Harganya dan Dijamin Puas

Pedesan entog terbaik di wilayah Cirebon Raya. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Banyak sekali 'SGIE' di kota dan kabupaten Cirebon. Namun setidaknya ada 8 yang terbaik. Jangan dilewatkan, selain harganya terjangkau juga dijamin puas.

SGIE yang dimaksud tidak ada kaitannya dengan yang disampaikan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat debat beberapa waktu yang lalu.

Yang dimaksud SGIE ini merupakan kapanjangan dari Sego Gurih Iwak Entog. Orang lebih mengenal dengan nama pedesan entog.

Biasa pedesan entog itu selalu disajikan dengan nasi alias sego yang gurih. Tentu dengan sajian utama lauk pauk dari entog.

BACA JUGA:Menyatu dengan Alam, Inilah 5 Tempat Camping Terbaik di Kuningan yang Harus Dikunjungi

Bagi orang Jawa, semua lauk pauk itu sering disebut iwak. Lauk pauk dari ikan disebut iwak kali. Dari ayam disebut iwan pitek. Dari entog dinamakan iwak entok. Bahkan lauk pauk dari tempe pun disebut iwak tempe.

Maka tak salah jika nasi dengan pedesan entog sebagai lauknya jika disebut sebagai SGIE alias sega gurih iwak entog.

Sebenarnya, pedesan entog merupakan salah satu makanan khas di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Makanan ini berbahan utama daging alias iwak entog. 

Entog yang merupakan unggas gemuk berleher pendek ini dimasak seperti gulai. Ciri khas dari pedesan ini adalah cita rasa ekstra pedas, yang didapatkan dari bumbu cabai serta merica.

BACA JUGA:Alpukat Pangeran Ini Sungguh Menggiurkan, Bisa jadi Sumber Cuan, 1 Buah Laku Rp 268 Ribu

Entog atau Cairina moschata merupakan salah satu jenis unggas air hasil domestikasi. Unggas ini berasal dari Amerika Tengah. Unggas ini sekarang telah banyak dibudidayakan peternak tradisional Indonesia.

Lalu, SGIE alias pedesan entog apa dan di mana saja yang ada di Kota dan Kabupaten Cirebon? Inilah setidaknya 8 SGIE terbaik di daerah ini:

1. Mas Nana Megu


Salah satu pedesan entog yang terkenal di Cirebon yakni Pedesan Entog Mas Nana yang berlokasi di Megu, Kabupaten Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: