Inilah Ragam Penghuni Gunung Ciremai, dari Macan Tutul hingga Kumbang Pendeteksi Bangkai Manusia

Inilah Ragam Penghuni Gunung Ciremai, dari Macan Tutul hingga Kumbang Pendeteksi Bangkai Manusia

Gunung Ciremai dikenal dengan kekayaan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Begitu beragam kekayaan hayati yang ada di hutan Gunung Ciremai. Berbagai jenis flora dan fauna pun tumbuh di kawasan gunung tertinggi di Jawa Barat ini.

Berbagai jenis hewan ada di kawasan yang sekarang di kelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ini. Dari kekayaan fauna jenis mamalia, insekta, moluska darat, dan reptil ampibia. Juga ada berbagai jenis ikan dan burung. 

Kakayaan flora atau tumbuhan juga tidak kalah banyak. Setidaknya ada 122 berbagai jenis tumbuhan. Dari yang langka, dilindungi hingga tumbuhan biasa.

Namun, jika dikelompokkan, kekayaan hayati di kawasan gunung yang menjadi pembatas Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka ini, ada 9 kelompok besar. Apa saja?

BACA JUGA:Sensasi Menginap dengan Iringan Suara Air, Ini 4 Glamping di Ciwidey Pinggir Sungai

1. Mamalia

Ada sekitar 37 jenis Mamalia di kawasan Gunung Ciremai. Mamalia ini berfungsi mengatur keseimbangan alam. Di antaranya adalah: Macan Tutul (Panthera pardus melas). Merupakan satwa endemik Jawa yang dilindungi Pemerintah dan Internasional.

Kemudian Surili (Presbytis camata) statusnya dilindungi. Adalagi Sigung (Mydaus javanensis).

Ada beberapa spesies kunci. Di antaranya Predator dan pengendali hama, yakni Macan Tutul. Pengendali hama Tikus ada Garangan (Hervestes javanicus) dan Meong Congkok (Proinailurus bengelensis).

Ada Penyerbuk dan Pemecah biji. Di antaranya Kelelawar pemakan buah (Cynopterus brachyotis, Megaerof kusnatai, dan Macroglossus, Sorbinus). Penghasil pupuk guano: Kelelawar pemakan serangga (Hipposideros diadema, Miniopterus magnater).

BACA JUGA:Apakah Anda Tahu, Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Penting Buat Sterilisasi

2. Insekta

Serangga atau Insekta adalah spesies makhluk hidup yang sering dijumpai di atas permukaan bumi dan dominan dalam filum Arthrophoda. 

Kehidupan serangga untuk memakan binatang-binatang yang lain dan tumbuhan. Sebagian hewan ini juga menghisap darah manusia dan mamalia lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: