Gunung Padang Kembali Jadi Kontroversi, Artikel di Jurnal Internasional Dicabut

Gunung Padang Kembali Jadi Kontroversi, Artikel di Jurnal Internasional Dicabut

Gunung Padang kembali menjadi kontroversi setelah artikel di jurnal internasional dicabut.-Dokumentasi Ali Akbar-radarkuningan.com

BACA JUGA:Harga Cabai Kian Melambung, Yuk Budidaya Tanaman Cabai di Rumah Dengan Pot dan Lahan Sempit, Cuma 4 Langkah

"Kami tidak tahu persis berapa umurnya. Lokasi ini diabaikan sejak lama sekali dan mungkin terlupakan," ujar Ali Akbar di tayangan Dokumenter Netflix yang dikutip radarkuningan.com, Senin, 5, Februari 2024.

Namun yang menarik adalah penemuan tanggam kolumnar yang sepertinya diimpor dari wilayah lain. Hal itu berarti setiap balok yang jumlahnya hingga 50 ribu buah dengan berat 1/3 ton dipanggul ke bukit ini.

Penyelidikan awal oleh Dr Ali Akbar juga menemukan bukti eksistensi manusia di lokasi itu. Menurut arkeolog dari Universitas Indonesia itu, lokasi Gunung Padang memiliki 2 lapisan budaya. 

Yang pertama di bagian permukaan berasal dari 500 SM, dan kedua pada kedalaman 4 meter ditemukan lapisan budaya lain dari 5.200 SM.

BACA JUGA:Apakah Boleh Kucing Tidur Bersama Kita? Kenali 4 Risiko Tidur Bersama Kucing, Cat Lovers Sudah Tahu?

Mestinya ada penjelasan mengenai, apa yang menjadi alasan mereka membangun struktur tersebut dengan membawa puluhan ribu batu ke lokasi tersebut.

"Saya tidak yakin dengan fungsi lokasi ini. Kami masih bekum menemukan kerangka atau tulang manusia. Jadi ini jelas bukan pemakaman. Mungkin untuk upacara atau ritual," tutur Ali Akbar.

Barulah setelah ada penyelidikan lebih besar, muncul hipotesa baru bahwa mungkin telah terlewatkan sebuah karya peradaban dari sejarah.

Sementara itu, dalam publikasi Ali Akbar Berkabar, dijelaskan bahwa Piramida Mesir berusia sekitar 4.500 tahun. Hal itu menjadikannya sebagai magnet arkeolog dunia dan menjadi pusat penelitian.

BACA JUGA:7 Jenis Tanaman Hias Dengan Daun Berlubang yang Mirip Janda Bolong, Tertarik Buat Koleksi?

Lalu, berapa usia dari Situs Gunung Padang? Ternyata jauh lebih tua daripada Piramida Mesir dan kemungkinan menjadi struktur piramida tertua di dunia.

"Usianya 7.200 tahun, artinya 2.700 tahun lebih tua dari situs Pidamida Mesir," katanya.

Kemudian, ada lagi struktur di bawahnya yang berusia lebih tua. Yakni sekitar 14.000 tahun. Artinya, 3 kali lebih tua dari Piramida Mesir.

Menurutnya, di balik Situs Gunung Padang ada teknologi purbakala yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: