UPDATE! Akses Jalan Pintu Tol Kertajati Sudah Bisa Dilewati, BBWS Sedot Air untuk Menyusutkan Banjir

UPDATE! Akses Jalan Pintu Tol Kertajati Sudah Bisa Dilewati, BBWS Sedot Air untuk Menyusutkan Banjir

Kendaraan khusus melakukan penyedotan untuk menyusutkan genangan air di akses jalan menuju Pintu Tol Kertajati.-BPBD Majalengka-radarkuningan.com

BACA JUGA:LENGKAP! Bingung Cara Nyoblos? Simak Tata Cara Pencoblosan Pemilu 2024 Berikut Ini!

Humas Astra Tol Cipali, Asri Fajarwati menjelaskan, upaya penyortiran ini dilakukan agar GT Kertajati tidak sampai lumpuh.

Seperti diketahui, bencana banjir terjadi di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka dan menyebabkan 1.300 rumah terendam dengan 3.500 jiwa yang harus mengungsi.

Banjir juga menyebabkan sebanyak 200 hektare lahan pertanian tergenang air dan mengalami kerusakan.

Penjabag Bupati Majalengka, H Dedi Supandi menambahkan, musibah banjir terjadi di 3 desa yakni Desa Palasah, Kertawinangun dan Pakubeureum.

BACA JUGA:Caramu Salah! Ini 7 Alasan Kucing Sering Menyisakan Makanannya, Serta Cara Mengatasinya

"Banjir dipicu tanggul jebol di Sungai Cipelang di beberapa titik, sehingga ribuan rumah terendam," katanya.

Pj bupati Majalengka mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Majalengka telah melakukan langkah penanganan, diantaranya mengirimkan bantuan air bersih untuk ribuan warga yang terdampak.

Di samping itu, bagi areal lahan yang terendam banjir, pihaknya juga akan memberikan bantuan bibit tanaman padi. Pemerintah bersama TNI/Polri tengah menyiapkan langkah darurat pada musibah banjir di tiga desa kecamatan Kertajati ini.

"Penanganan tersebut berupa menutup tanggul jebol dengan teknis kedaruratan bencana. Pihaknya bersama BPBD telah melakukan peninjauan di beberapa titik akibat jebolnya tanggul," jelasnya.

BACA JUGA:Ingin Memelihara Kucing Kampung? Kenapa Tidak, Yuk Simak 5 Manfaat Memelihara Kucing Kampung

Dari hasil pantauan di lapangan di titik Desa Kertawinangun ada 50 meter tanggul jebol. Kemudian, ada juga di blok Jagawana Desa Palasah Kecamatan Kertajati juga jebol.

Pihaknya telah melakukan upaya kedaruratan sementara. Pemkab juga telah melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait untuk melakukan penanganan sementara, hingga antisipasi pencegahan kejadian serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: