Dayeuhluhur, Kecamatan Terunik di Kabupaten Cilacap, Semua Warganya Gunakan Bahasa Sunda

Dayeuhluhur, Kecamatan Terunik di Kabupaten Cilacap, Semua Warganya Gunakan Bahasa Sunda

Suasana di Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang warganya menggunakan Bahasa Sunda.-Waluyo Jati - Tangkapan layar-radarkuningan.com

BACA JUGA:Kenapa Kucing Suka Tidur di Lantai? Yuk Kenali 7 Faktor Yang Membuat Kucing Nyaman Tidur di Lantai

Berdasarkan penelitian Prof Cece Sobarna, bahwa sebelumnya Kecamatan Karangpucung bukanlah batas ujung timur di Provinsi Jawa Tengah wilayah penutur bahasa Sunda seperti sekarang.

Desa Sindangbarang di ujung timur Karangpucung (Cilacap) dan Desa Dermaji (Banyumas) dipisahkan oleh hutan yang cukup panjang di jalan nasional.

Faktor kontur alam tersebut diduga dapat mengurangi interaksi antar penduduk desa Dermaji dengan Karangpucung.

Letak desa Dermaji tidak begitu jauh dari kecamatan-kecamatan penting di Kabupaten Banyumas seperti Ajibarang dan Wangon. Bahkan hanya perlu kurang lebih satu jam untuk tiba di Kota Purwokerto, ibukota Kabupaten Banyumas.

BACA JUGA:Mudah dan Nyaman! Ini 3 Cara Membuat Kasur Untuk Kucing Kampung, Agar Tidak Kedinginan dan Semakin Betah

Kedua hal itu turut mendukung penggunaan bahasa Sunda di Desa Dermaji tidak dapat bertahan, selain karena faktor pengajaran bahasa Jawa di sekolah.

Itulah, hal-hal menarik dan unik bahasa Sunda yang masih tumbuh subur di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Maka wajar jika ada yang menilai, jika wilayah itu lebih cocok masuk Jawa Barat, yang mayoritas Sunda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: