Bambu Soekarno di Petilasan Prabu Siliwangi, Selalu Hanya Ada 5 Pohon, Tak Pernah Bertambah atau Berkurang

Bambu Soekarno di Petilasan Prabu Siliwangi, Selalu Hanya Ada 5 Pohon, Tak Pernah Bertambah atau Berkurang

Pohon Soekarno di Petilasan Prabu Siliwangi Situs Cipadung.-Objek Wisata Alam Situ Cipadung-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Unik sekali bambu yang ada di Petilasan Prabu Siliwangi di kaki Gunung Ciremai. bambu ini hanya salalu ada 5 pohon. Tak pernah bertambah atau berkurang.

Uniknya, jika ada 1 pohon yang mati, maka akan tumbuh 1 pohon lagi. Begitu pula sebaliknya. Jika ada tumbuh 1 pohon, pohon lainnya akan mengering dan mati.

Pohon unik ini diberi nama Bambu Seokarno. Mengapa disebut demikian? Karena, katanya bambu ini ditanam oleh Presiden ke-1 Republik Indonesia (RI) Ir Soekarno.

Bambu-bambu yang dikeramatkan ini, berada di kawasan Petilasan Prabu Siliwangi. Lokasinya di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Ternyata Kobra Bisa Dimakan! Inilah 3 Jenis Ular yang Bisa dan Sering Dikonsumsi Manusia

Di kawasan ini, selain ada petilasan Prabu Siliwangi, juga ada situ. Namanya Situ Cipadung. Situ ini menjadi sumber mata air bagi warga yang ada di beberapa desa yang berada di Majalengka.

Khususnya yang berada di Kecamatan Rajagaluh, Sindang dan Sukahaji. Selain itu, juga menjadi objek wisata paling manarik di Kecamatan Rajagaluh. Selain objek wisata alam, di tempat itu juga dijadikan tujuan wisata relegi.

Jika malam Jumat Kliwon, objek wisata ini selalu dibanjiri oleh pengunjung dari berbagai daerah. Jika hari-hari biasa paling ramai saat akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Warga setempat meyakini, Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi pernah singgah ke Desa Pajajar tersebut. Diperkirakan setelah Perang Bubat. Atau, awal abad ke-14, sekitar tahun 1360.

BACA JUGA:5 Jenis Ular Berbisa di Pulau Jawa dan Tersebar di Seluruh Indonesia, Ada yang Sering Masuk Rumah

Konon, sepulang dari peperangan dan sebelum kembali ke Kerajaan Pajajaran di Bogor, Prabu Siliwangi menyinggahi beberapa tempat.

Salah satu tempat adalah kawasan hutan yang berada di lereng barat Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Pajajar, Kecamatan  Rajagaluh, sekarang ini.

Petilasan yang ada Bambu Seokarno ini menjadi salah satu tujuan wisata. Petilasan yang sudah menjadi objek wisata tersebut berada di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Objek wisata ini dikelola oleh pihak Desa Pajajar.

Di tempat tersebut juga ada 7 sumur dan 7 pancuran. Lokasinya tak jauh dari dua situ kecil. Belum lagi di lokasi seluas 5 hektar ini memiliki panorama alam berupa flora dan fauna langka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: