Pernah Lihat Cacing Hitam Kecil di Toilet Rumah Anda? Hati-Hati Bisa Saja itu Ular Jenis Ini!

Pernah Lihat Cacing Hitam Kecil di Toilet Rumah Anda? Hati-Hati Bisa Saja itu Ular Jenis Ini!

cacing hitam kecil di toilet ternyata jenis ular-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Apakah anda pernah melihat atau menemukan seekor cacing hitam kecil di toilet atau kloset rumah anda? Hati-hati bisa saja itu merupakan ular kawat!

Ular kawat biasa atau yang biasa disebut sebagai ular cacing atau Ular kawat merupakan salah satu jenis ular terkecil di dunia.

Walaupun terlihat kecil dan tidak menyeramkan, ternyata jenis ular ini merupakan predator berdarah dingin dan memiliki perang yang sangat penting untuk ekosistem di rumah kita.

Ular kawat, yang dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Indotyphlops braminus, merupakan salah satu spesies ular buta kecil yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara.

BACA JUGA:Kenapa Kucing Suka Main di Luar Rumah? Berikut 4 Alasan dan Cara Agar Kucing Peliharaan Betah di Rumah

Ular cacing atau ular kawat ini seringkali disalah artikan dan seringkali disamakan dengan seekor cacing hitam kecil.

Hal ini dikarenakan panjang tubuh ular ini sangatlah kecil, ukuran rata-rata ular cacing ini hanya sekitar 10 hingga 15 cm saja.

Selain itu, ular ini memiliki warna tubuh yang cenderung coklat keabu-abuan atau kehitaman. Jadi tidak heran jika ular ini sering disamakan dengan cacing.

Selain itu, masih ada beberapa fakta menarik dan juga ciri-ciri khusus yang dimiliki ular terkecil di dunia ini, berikut adalah rangkumannya.

BACA JUGA:Bukan Cuma Ular Kawat! Ini 4 Jenis Ular Hitam Kecil yang Sering Masuk Rumah dan Harus Dibiarkan Hidup

1. Habitat

Ular kawat atau ular cacing ini merupakan predator alami bagi para serangga-serangga kecil seperti jangkrik, ulat dan sebagainya.

Oleh karena itu ular kawat seringkali ditemukan di tempat-tempat yang merupakan habitat dari serangga-serangga tersebut seperti perkebunan, ladang pertanian hingga hutan.

Bahkan di musim penghujan seperti saat ini, seringkali ular jenis ini ditemukan di tempat-tempat yang tidak terduga, salah satunya adalah kloset atau wc kamar mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: