Jangan Kaku Jangan Malu, Ini Cara Silaturahmi Yang Baik Dan Benar Menurut Ajaran Islam, Simak Penjelasannya!

Jangan Kaku Jangan Malu, Ini Cara Silaturahmi Yang Baik Dan Benar Menurut Ajaran Islam, Simak Penjelasannya!

Ini cara silaturahmi yang baik dan benar menurut ajaran islam-Stockvault-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Menjelang Lebaran Idul Fitri, kamu tentunya sudah menyiapkan daftar keluarga yang akan kamu kunjungi untuk silaturahmi, bukan? 

Selain menjadi salah satu budaya atau kultur wajib yang dimiliki umat muslim dan bangsa Indonesia, silaturahmi yang biasa terjadi di Lebaran Idul Fitri biasanya berbeda jika dibandingkan dengan silaturahmi di hari-hari biasa. Pada umumnya, silaturahmi hari raya memiliki esensi dan arti tersendiri bagi umat muslim.

Menjelang ajang silaturahmi terbesar di hari raya, tentunya ada beberapa adab dan etika yang harus kamu ketahui sebelum bertamu ke kerabat, saudara, hingga keluarga jauh yang akan kamu kunjungi. Jangan salah sob, mengunjungi keluarga sendiri juga memerlukan etika bertamu dan adab bertamu yang benar loh

Kali ini, kami akan memberikan cara silaturahmi yang baik dan benar menurut ajaran islam. Tentunya, berdasar kepada hadits dan kehidupan suri tauladan islam sehari-hari, yuk, simak informasinya berikut ini!

BACA JUGA:Anti Ribet-Ribet Club, Ini Rekomendasi Baju Lebaran Kasual Yang Bisa Kamu Coba! Tidak Harus Pakai Baju Muslim!

1. Jangan Lupa Ucapkan Salam! 

Dalam kepercayaan agama islam, sebelum bertamu atau bersilaturahmi ke orang lain, hendaklah kita mengucapkan salam  terlebih dahulu. Baik yang muda maupun yang tua, keduanya wajib mengucapkan salam. Hal ini dikarenakan salam dalam islam, adalah sebuah doa yang tertuju kepada orang yang diucapkan salam.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radiyallahu'anhu ia berkata bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, 'Hendakalah yang kecil memberi salam pada yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam kepada yang banyak'.

Hadits tersebut menjadi dasar utama pentingnya mengucapkan salam untuk orang muslim sebelum bersilaturahmi, karena hal ini merupakan adab utama saat tengah bersilaturahmi dengan orang lain, baik yang dikenal, maupun yang tidak kamu kenal sekalipun.

BACA JUGA:Bisa Menghasilkan Oksigen Alami! Ini Dia 7 Jenis Tanaman Indoor Yang Wajib Kamu Tanam

2. Genggam Tangan Dengan Baik Saat Berjabat Tangan

Tidak hanya untuk orang islam, menggenggam tangan orang lain saat berjabat tangan merupakan etika utama yang harus dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali.

Seberapa penting menggenggam tangan orang dengan baik saat berjabat tangan? sangat penting. Hal ini dikarenakan pada masa modern ini, etika semakin dianggap remeh, dan sedikit orang yang masih menggenggam tangan dengan baik saat berjabat tangan dengan orang lain, sepenting itu berjabat tangan dengan baik dan benar.

Meski demikian, kita sebagai manusia yang memiliki adab harus lebih mengutamakan etika, termasuk menggenggam tangan dengan benar saat berjabat tangan. Hal ini juga menandakan penghormatan, ketulusan, dan ketegasan seseorang untuk menghormati orang lain yang ia kunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: