Mandapa Jaya Bukan Desa Sembarangan di Kuningan, Salah Satu Wapres Zaman Orba Pernah Tugas di Tempat Ini

Mandapa Jaya Bukan Desa Sembarangan di Kuningan,  Salah Satu Wapres Zaman Orba Pernah Tugas di Tempat Ini

Desa Mandapa Jaya, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan pernah menjadi tempat tugas sari Wapres RI, Jenderal TNI Umar Wirahadikusumah. -Foto Pemcam Cilebak-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Mandapa Jaya bukan desa sembarangan di Kabupaten Kuningan. desa yang sedang viral ini ternyata pernah menjadi tempat bertugas salah satu wakil presiden (wapres) RI zaman orde baru (orba).

Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Cilebak ini menjadi viral karena terkait dengan kecelakaan maut di Km 58 Tol Cikampek. Kecelakaan tersebut memakan banyak korban nyawa.

Dari korban tersebut ada 3 di antaranya yang masih terkait dengan Desa Mandapa Jaya. Mereka adalah Eva Daniawati bersama 2 keponakannya yakni Aisya Hasna Humaira dan Najwa Ghefira.

Bukan karena kecelakaan itu saja desa ini menjadi terkenal. Dulu ada salah satu tokoh bangsa pernah bertugas di desa yang berada di pedalaman Kabupaten Kuningan ini.

BACA JUGA:Ingin Percantik Rumah Saat Lebaran? Ini Nih 5 Tanaman Hias Pewangi Alami Ruangan, Cocok Disimpan Di Ruang Tamu

Tokoh tersebut adalah Jenderal TNI H Umar Wirahadikusumah. Pria kelahiran Situraja, Sumedang ini adalah Wakil Presiden ke-4 Republik Indonesia. Yang menjabat antara 1983 dan 1988.

Ada yang menyebutkan, Umar Wirahadikusumah, pernah bertugas di Desa Mandapa Jaya. Hanya kapan waktunya, tidak ada penjelasan secara pasti. Yang jelas saat perjuangan melawan Belanda.

Ada salah satu bloger yang menulis tentang kesaksian jika orang dekat Presiden Soeharto ini pernah bertugas di desa tersebut. Ada 2 orang yang menjadi saksi sejarah itu.

Dalam tulisan tersebut disebutkan ada sosok bernama Purnama. Dia adalah warga Majalengka Jawa Barat yang juga pernah bertugas di desa belahan selatan Kuningan ini.

BACA JUGA:Ada Kucing Liar Suka Mengikuti Kita? Ternyata Inilah 6 Alasan Kenapa Anabul Membuntuti Kita

Menurut Purnama, dirinya pernah bertugas bersama dengan Umar Wirahadikusumah. Sosok inilah ketika Orba pernah menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia. 

Salain Purnama, ada sosok lain yang mengungkapkan jika Umar Wirahadikusumah pernah bertugas di desa tersebut. Tidak disebutkan nama sosok tersebut. Hanya dia pernah bertugas menjadi skuriti di Salabintana di Sukabumi.

Dari keterangan 2 pelaku sejarah itu menyebutkan bahwa di Mandapa Jaya pernah didirikan markas teritorial Tentara Nasional Indonesia (TNI).  Keduanya menyebut sebagai Markas Besar.

Markas tersebut berfungsi menghalau serdadu Belanda yang pada waktu itu sudah berada di wilayah Cilacap, Jawa Tengah. Perlu diketahui, desa ini memang tak jauh dari tapal batas antara Kuningan dan Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: