Ungkap 4 Penelitian Terbaru Harimau Jawa! Apakah Belum Punah dan Masih Berkeliaran Hingga Sekarang?

penelitian terbaru harimau jawa-radarkuningan.com-istimewa

RADARKUNINGAN.COM- Spesies langka harimau jawa ini ternyata sangat menarik perhatian hingga munculnya penelitian baru tentang hewan yang satu ini.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal ilmiah, para ilmuwan mengungkapkan temuan yang menarik tentang populasi dan habitat harimau Jawa

Dihebohkan juga dengan adanya penemuan helai bulu harimau pada tahun 2019, dan iselidiki secara mendalam oleh tim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kemudian pada tahun 2024, mengumumkan bahwa bulu tersebut memiliki kesamaan dengan DNA milik Harimau Jawa.

Nah yuk intip apa saja ringkasan penelitian harimau jawa baru baru ini.

BACA JUGA:Berikut 4 Tips Memelihara Kucing walau Alergi Kucing, Catlovers Pengidap Alergi Anabul Full Senyum

Ungkap 4 Penelitian Terbaru Harimau Jawa

Para peneliti menggunakan data dari kamera perangkap dan sampel DNA untuk menilai ukuran populasi, pergerakan, dan keragaman genetik dari harimau Jawa.

1. Populasi yang Lebih Besar dari yang Diperkirakan

Berdasarkan analisis data baru, para peneliti menemukan bahwa populasi harimau Jawa mungkin lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

Meskipun jumlahnya masih terbatas, temuan ini memberikan harapan bahwa populasi harimau Jawa mungkin lebih stabil daripada yang sebelumnya dipikirkan.

2. Pergerakan yang Penting

Data dari pelacakan satelit menunjukkan bahwa harimau Jawa memiliki pola pergerakan yang penting untuk memahami dinamika populasi dan upaya konservasi.

Penelitian ini membantu mengidentifikasi koridor pergerakan yang penting bagi harimau Jawa dan wilayah yang perlu dilindungi.

3. Keragaman Genetik yang Rendah